Jelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2024, Kadis Ketahanan Pangan NTB Jamin Ketersediaan Stok Pangan

Barsela24news.com


Mataram, NTB - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Barat, H. Abdul Aziz, SH. MH, mengatakan stok pangan cukup untuk bulan Ramadhan serta Lebaran Idul Fitri 2024 serta sesudahnya. Hal itu dikatakannya Senin (26/2/2024) siang

Bahkan, menurut dia, persediaan pangan mencukupi kebutuhan masyarakat hingga beberapa bulan ke depan.

"Stok pangan kita bertahan hingga menghadapi bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024," kata Abdul Aziz kepada Barsela24news.com di ruang kerjanya

Sinergi lintas dinas terkait, ucap dia, menentukan keberhasilan mengendalikan ketahanan pangan di Nusa Tenggara Barat.

Dinas terkait yang berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan antara lain Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Kehutanan, Dinas Kelautan dan Perikanan.

Didukung Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, koperasi dan sektor terkait lainnya.

"Kita sama-sama tergabung dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID)," ujar Abdul Aziz.


Ia menyebut Dinas Ketahanan Pangan intens melakukan pengawasan atau monitoring di pasar tradisional, tingkat distributor dan Perum Bulog.

Sambil berupaya menekan angka inflasi agar harga tetap stabil dan tidak melejit saat menghadapi Bulan suci Ramadhan, Dinas ketahanan pangan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat terus menggelar pasar murah.

Lebih lanjut dia bilang, barang kebutuhan pokok (bapok) seperti beras, minyak goreng dan gula, memiliki cadangan yang cukup saat Bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, tutupnya.

(Tim)