Baitul Mal Aceh Selatan Kunjungi Rumah Korban Kebakaran di Labuhanhaji Timur

Hartini



Aceh Selatan -Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan Gusmawi Mustapa, beserta Anggota Badan Baitul Mal Syafriadi Turun langsung kelapangan untuk meninjau korban kebakaran di Dusun Alue Pineung Gampong Paya Pelumat Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan, Selasa 05/03/2024.


Gusmawi Mustafa dan Syafriadi serta staf sekretariat Baitul Mal Aceh Selatan (Rizal Fandi) turun ke lokasi melihat kondisi rumah Zulfadli (korban) semuanya hangus terbakar termasuk Kenderaan Roda Dua dan Kios tempat mencari nafkah sehari-hari serta Uang di dompet dalam jumlah belasan juta rupiah.


Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan menyampaikan harapan agar kiranya pemilik rumah beserta keluarga diberikan ketabahan dan kesabaran oleh Allah SWT dan digantikan dengan rezki berlipat ganda nantinya.


"Tentunya kita turut prihatin atas musibah yang menimpa keluarga tersebut, maka menjadi kewajiban kita untuk membantu korban yang tertimpa musibah kebakaran itu," Ungkap Gusmawi Mustafa.


Kebakaran yang menghanguskan 1 unit rumah dan kios kelontong milik Zulfadli (41 Tahun) ini terjadi pada pukul 04.15 Wib dini hari dan kerugiannya ditaksir lebih kurang Rp 150.000.000,- diduga kebakaran tersebut bermula pada konsleting listrik (arus pendek).


Kepala Dusun Azis Saputra, mengatakan Kejadian ini bermula Sdri. Erlinawati istri dari Sdr. Zulfadli mendengar suara berisik di kios miliknya yg terletak bersebelahan dengan kamar korban, kemudian Erlinawati membangunkan Sdr. Zulfadli untuk memberitahukan bahwasanya di kios ada suara yg aneh.


Lanjutnya, Pada saat Sdr. Zulfadli terbangun dan melihat dari jendela api yg sudah agak membesar di kios miliknya, setelah melihat adanya api Sdr. Zulfadli langsung membangunkan anak beserta istri dan membawa keluar dari dalam rumahnya, sesampainya di luar rumah Sdr. Zulfadli langsung berteriak meminta tolong kepada tetangga, mendengar teriakan sdr. Zulfadli sejumlah tetangga langsung keluar rumah dan sempat membatu memadamkan api dengan menggunakan timba dan peralatan seadanya,


"Beberapa menit kemudian pihak pemadam kebakaran dari Damkar Labuhanhaji dan Damkar Meukek dan Pihak Polsek Labuhanhaji Timur tiba di lokasi kebakaran, sekira pukul 04.45 api berhasil dipadamkan," pungkasnya. 


Syafriadi Menambahkan Baitul Mal Aceh Selatan akan tetap berupaya untuk memberi solusi ke pihak korban serta sekaligus akan menyampaikan hal ini ke Baitul Mal Aceh (BMA) di Banda Aceh agar dapat membantu secara bersama.


“Berbagai persyaratan juga sudah kita sampaikan ke Kepala Dusun setempat untuk dilengkapi agar bantuan melalui Baitul Mal Aceh dapat proses dan segera dikirimkan ke pihak korban," tutupnya


Adapun identitas Pemilik Rumah :

-Zulfadli, 41 Tahun, Tani Gampong Paya Peulumat Kecamatan Labuhanhaji Timur Kab. Aceh Selatan.