Jelang Idul Fitri, PC IMM Abdya Minta Pemerintah Daerah Perhatikan Penerangan Jalan Umum

Zamroni


Aceh Barat Daya - Menjelang hari raya Idul Fitri, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Aceh Barat Daya (PC IMM Abdya) meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Abdya untuk perhatikan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ada disepanjang jalan nasional kabupaten Setempat, Senin 25 Maret 2024.

Ketua umum PC IMM Abdya, melalui Ketua Bidang (Kabid) Hikmah, Politik dan Kebijakan Publik, Khairul Rijal, Menegaskan kepada Pemda Abdya untuk benar-benar serius memperhatikan PJU di sepanjang jalan nasional Nanggroe Breuh Sigupai (sebutan khusus untuk kabupaten Abdya). 

Karena menurutnya, ketika malam hari tiba, disepanjang jalan gelap gulita tanpa adanya pencahayaan yang memadai. Padahal disetiap tiang listrik terdapat lampu penerangan dengan keadaan rusak dan tidak terawat.

"Jalan di Abdya cuma diterangi lampu rumah warga, dan itu tidak cukup untuk pencahayaan jalan raya," Ungkap Khairul pada awak media, Blang Pidie(25/03/2024). 

Khairul Menilai, sejak akhir 2020 dinas terkait tidak serius untuk membenahi persoalan PJU ini, padahal hampir setiap bulannya ada Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) yang terjadi di malam hari. Seperti pada Ramadhan ini, di Kecamatan Kuala Batee sendiri telah terjadi banyak kecalakaan di malam hari, begitu juga di beberapa Kecamatan lainnya.

"Bulan puasa ini saja di tempat saya (Kuala Batee) banyak kecelakaan, bahkan saudara saya sendiri mengalami hal itu," Imbuhnya dengan rada kesal. 

Harapannya pemda Abdya melalui dinas perhubungan harus mengambil tindakan cepat untuk menyelesaikan perkara ini, lantaran hari raya Idul Fitri juga akan tiba, tentunya banyak masyarakat yang akan lalu-lalang di malam hari, dan pastinya sangat membahayakan.

"Saya harap mereka itu (pemda) dapat menyelesaikan masalah ini sebelum keluarganya sendiri kena imbasnya," Tegas Khairul Rijal sambil menutup pembicaraan. 

Disamping itu, Mukhlisin, ketua umum PC IMM Abdya juga membenarkan hal yang sama. Menurutnya, pemda tidak perlu menunggu lama untuk mengatasi persoalan PJU ini, karena ini berkaitan erat dengan ketentraman masyarakat Abdya sendiri. 

"Ya, baiknya perbaiki saja lampu dijalanan sesuai dengan budget yang ada, tidak perlu menunggu lama". Tegas aktivis IMM itu.

Mukhlisin sangat optimis, jika pemda serius memperhatikan hal ini, banyak cara bisa di lakukan. Karena soal PJU ini tidak memerlukan anggaran yang memang super besar. 

"Jika Dinas Perhubungan serius menanggapi hal ini, sepertinya tidak terlalu sulit untuk menyelesaikannya," Tutupnya.