KIP Aceh Selatan Laksanakan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu tahun 2024 Tingkat Kabupaten

Barsela24news.com


Aceh Selatan - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan mulai mengelar Rekapitulasi Suara Pemilu tahun 2024, tingkat Kabupaten Aceh Selatan yang dilaksanakan di Rumah Agam. Jum'at, 01/03/2024.

Hadir dalam acara tersebut, Pj. Bupati Aceh Selatan, Cut. Syazalisma, S. STP. yang diwakili oleh Sekdakab Ilham Saputra, S. STP. MSi. Serta Forkopimda, Ketua Panwaslu, para Komisioner KIP, Aceh Selatan, para SKP, para ketua PPK Sekabupaten Aceh Selatan, dan para saksi dari masing-masing partai.


Ketua KIP Aceh Selatan Kafrawi, dalam Sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2024 di Aceh Selatan berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti, tentu ini merupakan apresiasi bagi kita semua,Terima kasih yang sebesar besarnya kepada KPPS dan PPK sudah dapat diselesaikan di tingkat KPPS dengan keadaan baik, sesuai dengan prosedur yang berlaku. 

"Kami sangat mengapresiasi kinerja penyelenggara Pemilu dari tingkatan paling bawah yang telah bekerja dengan sangat baik hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak yang telah bahu-membahu bersama-sama dalam menyukseskan Pemilu serentak Tahun 2024," Pungkasnya. 

Lanjutnya, Momen Pemilu serentak Tahun 2024 yang telah kita laksanakan dengan sangat baik akan menjadi modal kita pada Pemilihan Kepala Daerah kedepannya.

"Saat ini kita telah memasuki tahapan Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara di tingkat Kabupaten, pada Pemilihan Umum Tahun 2024 yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tingkat Kecamatan/PPK yang berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan," jelasnya.

Menurut kapolres Aceh Selatan AKBP Mughi Prasetyo Habrianto SIK, mengatakan pada kesempatan ini yang pertama terkait dengan situasi kamtibmas diwilayah aceh selatan masih dalam kondusif dan masih dapat kita kondisikan aman terkendali Selama pemilu berlangsung memang ada kendala berupa perbedaan pendapat namun dapat di jaga kamtibmas di wilayah aceh selatan. 

"Pada hari ini akan dimulai rapat rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu tahun 2004 tingkat kabupaten Aceh Selatan, dapat terlaksana dengan baik jangan takut kita kawal sampai akhir, Kalau ada yang tidak sesuai ketentuan maka kami siap mangamankan dari polres dan kodim," Pungkasnya. 

Sedangkan Sekda Aceh Selatan, Ilham syahputra, S.STP, MSi mengawali sambutannya, atas nama pribadi dan atas nama pemerintah daerah, kami menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada unsur forkopimda, dan seluruh penyelenggara pemilu tahun 2024 di kabupaten aceh selatan, yakni KIP, Panwaslih, PPK, PPD, KPPS, satlinmas, jajaran aparat keamanan dari TNI/Polri, dan seluruh pihak terkait lainnya.

Menurutnya Semua akan dilaksanakan berbasis data, bukan asumsi, terlaksananya rapat pleno ini dengan baik, adalah salah satu wujud komitmen kita untuk menghasilkan pemilu yang berkualitas. Kami mengucapkan selamat kepada bapak dan ibu, saudara dan saudari sekalian yang berhasil meraih suara terbanyak di Kabupaten Aceh Selatan.

"Semoga kepercayaan dan suara rakyat yang mengantarkan bapak dan ibu, dapat dipertanggungjawabkan dengan menjalankan tugas sebaik-baiknya, kemudian nantinya bersama sama dengan pemerintah daerah, unsur forkopimda dan seluruh pihak terkait, kita dapat melanjutkan cita cita untuk membangun aceh selatan yang kita cintai ini ke arah yang lebih baik," ungkapnya.

Lanjutnya, Suksesnya pemilu tentunya juga tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi pemilih yang menggunakan hak pilihnya, yakni seluruh masyarakat kabupaten aceh selatan, kita telah melaksanakan tugas dengan penuh integritas dan dedikasi yang tinggi, sehingga pelaksanaan pemilu di Kabupaten Aceh Selatan berjalan dengan aman, damai, dan sejuk, tahapan demi tahapan pelaksanaan pemilu telah dilalui.

"Pada hari ini kita akan memulai tahapan selanjutnya yang sangat penting, yakni rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat kabupaten," ujarnya.

Lebih lanjut Ia menuturkan, Pada kesempatan yang baik di hari jum'at yang penuh berkah ini, kami berharap kepada seluruh partai politik untuk menghormati hasil pemilu ini nantinya, agar apa yang telah kita komitmenkan bersama yakni membangun kabupaten aceh selatan dapat terwujud.
 
"Setiap partai politik tentunya memiliki perwakilan saksi masing-masing, oleh karena itu, mari bersama dengan mengutamakan kekeluargaan, musyawarah dan mufakat, melalui rapat pleno terbuka tingkat kabupaten ini kita jaga dan kawal suara yang telah diamanahkan oleh rakyat sesuai dengan aturan yang berlaku," tutupnya. (Tini)