Pemuda dan Pemudi Desa Balai, Motori Festival Taman Ramadhan Tingkat Kanak-kanak

Hartini



ACEH SELATAN - Pemuda dan pemudi Desa Balai, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, menggelar festival taman Ramadhan tingkat anak-anak, giat tersebut berlokasi di Mesjid At-Thaibah desa setempat, Senin 25 /03/2024.


Acara tersebut mengangkat tema "Menciptakan Generasi Yang Religius Dan Berakhlak Mulia," yang diikuti anak-anak tingkat Paut, Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang digelar pada malam hari usai sholat taraweh sejak tanggal 25 Maret hingga 27 Maret 2024.


Keuchik Desa Balai, Maizar RS, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada pemuda dan pemudi karna telah sukses menggelar acara tersebut "ini merupakan suatu kegiatan yang sangat positif, semoga kedepannya bisa menggelar acara-acara yang seperti ini lagi," tuturnya. 


Selain itu, dia sangat mendukung karna dengan adanya kegiatan yang relegius seperti ini sangat bermanfaat bagi masa depan anak-anak sebagai penerus bangsa yang paham tentang agama. 


"Kami atas nama pemerintah Desa sangat mendukung dengan kegiatan pemuda, ini sangat bagus, selain membentuk karakter anak yang religius, kegiatani ini juga mengasah mentalitas anak-anak kita untuk terus berpacu di atas panggung," beber Maizar.


Sebelumnya, ditempat yang sama, Ketua Pemuda Desa Balai, Muhammad Ilham dalam kesempatannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini. 


"Saya selaku ketua pemuda yang mewakili segenap pemuda dan pemudi Desa Balai mengucapkan terimakasih banyak kepada semua masyarakat yang telah ikut berpartisipasi baik dalam bidang fikiran maupun dalam bidang materi," ucapnya. 


Kata dia, kegiatan tersebut menelan biaya sebanyak Rp 6.027.000, yang bersumber dari dana Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) sebanyak Rp 4.000.000, sumbangan masyarakat Rp 1.027.000 dan sumbangan dari kas pemuda sebanyak Rp 1.000.000.


"Dalam kegiatan ini, sambung Ilham, ada 4 kegiatan yang akan diperlombakan, yang tergabung dalam 7 katagori diantaranya, lomba mewarnai tingkat Paut, TK dan kelas 1 SD," katanya. 


Selain itu, lomba azan tingkat SD kelas 1 sampai 3, lomba azan kelas 4 sampai 6 SD, lomba azan tingkat SMP atau MTSN, lomba hafalan kelas 1 sampai 3 SD, lomba hafalan kelas 4 sampai 6 SD dan lomba cerdas cermat tingkat SD dan SMP.


Dia berharap, "kedepannya anak-anak yang mengikuti lomba ini bisa mengharumkan nama bangsa dan agama, dan juga menjadi anak yang bisa membanggakan kedua orang tua dikemudian hari," pungkasnya. 


Terpisah, giat tersebut mengundang dewan juri terbaik yang berasal dari dalam Kabupaten Aceh Selatan, diantaranya Ust Wanhar, Ust Iswanil dan Ust Fauzul, demikian.