Perangkat Gampong Se-Kecamatan Labuhanhaji Barat Sepakat Gagas Qanun Baitul Mal Gampong

Hartini



Aceh Selatan _ Camat Labuhanhaji Barat, Zulfikar, SP dengan dukungan penuh Keuchik dan Petugas pelit, se-kecamatan Labuhanhaji Barat memfasilitasi terlaksananya Sosialisasi tentang Baitul Mal Gampong (BMG) bertempat di Kantor Camat setempat, Rabu (6/3/2024).


Ketua Badan Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan, Taufik Hidayat Harahap yang hadir bersama Anggota Badan, Syafriadi dan Kepala Sekretariat Gusmawi Mustafa, kepada Media Barsela24news.com, menyebutkan bahwa pembentukan Baitul Mal Gampong ini diharapkan nantinya bisa mendongkrak potensi zakat yang ada disetiap Gampong, yang selama ini belum di jalankan secara maksimal, dan diharapkan bisa di jalankan secara maksimal dengan potensi zakat yang ada disetiap Gampong. 


"BMG merupakan amanah Qanun Aceh No 3/2021 perubahan kedua atas Qanun Aceh No 10/2018 tentang Baitul Mal disebutkan susunan organisasi Baitul Mal Kabupaten salah satunya adalah BMG. Dalam menjalankan tugasnya hubungan BMK dengan BMG bersifat koordinatif dan pembinaan," pungkasnya.



Sedangkan Camat Zulfikar, dengan di dukung penuh seluruh Keuchik, Tuha Peuet Gampong dan Imam Chik menyahuti tawaran dari Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan Gusmawi Mustafa, dengan meminta agar seluruh BMG yang ada dilakukan Pendampingan secara khusus dan seluruh Gampong bersedia melengkapi dokumen yang diperlukan paling lambat 14 Maret 2024.


"Kami berharap agar seluruh Gampong di Labuhanhaji Barat dijadikan sebagai percontohan bagi terbentuknya Qanun Gampong tentang Baitul Mal Gampong," ungkap Camat Zulfikar.


Suasana sosialisasi menjadi sangat semarak karena kehadiran berbagai unsur termasuk para Kasie Kesejahteraan Gampong yang diharapkan menjadi Sekretaris BMG guna optimalisasi fungsi dan peran BMG dalam pengumpulan dan pendistribusian Zakat, Infak dalam masyarakat.


Turut hadir dalam Acara sosialisasi tersebut Kapolsek Labuhanhaji Barat Friedli Hendra, Danramil Labuhanhaji Barat Edi Pudjiono, juga dihadiri oleh Kepala KUA Labuhanhaji Barat Said Fairus Satar, S.Ag, Sekcam Nurkholis, SE serta Kasie Kesejahteraan Sosial Saleh, para Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.