Tim Patroli Perintis Presisi SatSamapta Polres Aceh Jaya Memastikan Keamanan Masyarakat Selama Membeli Takjil

Zamroni



Calang - Dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, Tim Patroli Perintis Presisi dari Satuan Samapta (SatSamapta) Polres Aceh Jaya melaksanakan kegiatan patroli yang ditingkatkan di tempat-tempat pembelian takjil menjelang berbuka puasa. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan UU No.02 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Perkap No. 1 Tahun 2009 Tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian.


Kegiatan ini melibatkan 6 personel Tim Patroli Perintis Presisi SatSamapta Polres Aceh Jaya, yang berlangsung pada Jumat, 15 Maret 2024, dari pukul 17:00 hingga 18:30 WIB. Rute perjalanan patroli mencakup Mako Polres Aceh Jaya, Keutapang, Kota Calang, Dayah Baro, dan kembali ke Mako Polres Aceh Jaya melalui rute yang sama.


Tim menggunakan Ranmor Dinas R2 SatSamapta Polres Aceh Jaya untuk menjangkau tempat-tempat strategis, termasuk fasilitas umum, jalan umum, jalan BSI T. Umar Calang, simpang Masjid SCTV, seputaran Kota Calang, dan tempat-tempat rawan guantibmas dan premanisme.


Pada pukul 17:00 WIB, Tim Patroli melaksanakan AAP tentang SOP pelaksanaan Pengamanan dan Pengaturan Lalin, serta pengecekan perlengkapan yang dipimpin oleh Kanit Turjawali SatSamapta Polres Aceh Jaya, Bripka M. Hanafi. Kemudian, tim berangkat dari Mako Polres Aceh Jaya untuk melaksanakan pengamanan di tempat-tempat masyarakat membeli takjil di sekitar wilayah hukum Polres Aceh Jaya. Mereka berdialog dengan masyarakat untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas guna menciptakan suasana yang aman, nyaman, dan kondusif.


Kapolres Aceh Jaya, AKBP Andy Sumarta, melalui KasatSamapta AKP Syamsul, menyatakan kepuasannya atas hasil kegiatan ini. "Selama pelaksanaan patroli, tidak ditemukan gangguan kamtibmas dan kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. Aktivitas masyarakat berjalan dengan normal dan situasi terjaga keamanannya," ujar beliau.


Dengan kerjasama dan kesigapan Tim Patroli Perintis Presisi SatSamapta Polres Aceh Jaya, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih aman dan nyaman selama beribadah dan beraktivitas di bulan suci Ramadhan.