Beredar Kabar Pengungsi Rohingya Berada di Perairan Aceh Selatan

Hartini


Foto Ilustrasi

Aceh Selatan - Beredar isu bahwa kelompok pengungsi Rohingya telah memasuki perairan Aceh Selatan tepatnya di seputaran laut Sawang dan Samadua Aceh Selatan pada Selasa, (16/04/2024).


Kabar tersebut beredar di sejumlah group WhatsApp pada Selasa 16/04/2024, tentang kedatangan pengunsi yang sudah menjadi momok buat masyarakat Aceh.


Camat Sawang Zunawanis, saat di konfirmasi via whatsapp mengatakan, bahwa informasi tersebut memang belum valid kebenarannya, namun menurut Camat Sawang kita harus tetap waspada akan kedatangan tamu yang tak di undang tersebut alias para pengungsi Rohingya tersebut.


"Kita pihak Kecamatan telah melakukan koordinasi dengan unsur Muspika dan para Keuchik di dalam Kecamatan Sawang untuk tetap waspada dan siaga akan kedatangan para pengungsi Rohingya tersebut," ucap Zunawanis.


Menurut camat Sawang dirinya juga telah melaporkan ke pihak Pemda Aceh Selatan atas isu pengungsi Rohingya tersebut, Walaupun belum dapat jawaban dari pihak pj. Bupati.


"Kalau memang benar pihak pengunsi Rohingya datang ke Daerah kita khusus nya Ke Kecamatan Sawang, jelas kita semua sepakat menolak kehadiran mereka dan kita akan berupaya untuk menggalau sebelum mereka sempat turun ke daratan," tutup nya.


Sementara itu Camat Samadua TM Nasrizal saat di konfirmasi juga mengatakan, pihaknya juga selain berkoordinasi bersama unsur Muspika juga telah menyampaikan kepada pihak kepala Gampong masing masing agar terus waspada dan siaga.