Kapolda Jateng Dapat Apresiasi dari Senkom Mitra Polri

Barsela24news.com


Semarang, Jateng - Ketua Umum Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Pusat Kanjeng Pangeran Dr. H. Katno Hadi, SE, MM, MH menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan komitmennya seluruh jajaran Senkom Mitra Polri untuk terus membantu upaya Polri khususnya Polda Jateng dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kami dan seluruh anggota Senkom Mitra Polri siap membantu sepenuh hati dalam menjalankan tugas Polri di lapangan dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama di wilayah Jawa Tengah,” ucapnya.

K.P.H. Katno Hadi menyampaikan hal tersebut saat kegiatan Pembinaan Senkom Mitra Polri Polda Jateng bertempat di Hotel Grasia, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Pada kegiatan tersebut, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan apresiasi peran Senkom Mitra Polri yang turut menciptakan kondusifitas sitkamtibmas di Jawa Tengah, terutama pada masa pemilu dan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024.

“Saya ucapkan terimakasih pada Senkom mitra Polri atas perannya turut menciptakan sitkamtibmas yang kondusif,” ujar Kapolda Jateng

Diwarnai suasana bersahabat dan santai, kegiatan tersebut sekaligus menjadi ajang Halal Bihalal dan silaturahmi Irjen Pol Ahmad Lutfi dengan seluruh personil Senkom Mitra Polri. Keakraban juga ditunjukkan Kapolda saat menjawab sejumlah pertanyaan yang disampaikan komandan wilayah Senkom mitra Polri dan anggotanya.

Dalam arahannya, Kapolda menjelaskan bahwa peran Senkom Mitra Polri dalam membantu tugas-tugas kepolisian sebagai bagian dari pengamanan swakarsa. Sejak tahun 2004, Senkom mitra Polri sebagai bagian dari Kelompok Sadar Kamtibmas telah menjadi mitra Polri yang berperan penting sebagai garda terdepan dalam menemukan permasalahan sosial di wilayah.

“Itu bagian daripada bela negara, jadi jangan anggap remeh. Kehadiran Senkom Mitra Polri tidak hanya sebagai mitra, tapi pelancar kegiatan pengamanan di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Sebagai bagian dari Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, lanjut Kapolda, Senkom Mitra Polri juga mewakili Polri dalam penyampaian informasi dan kebijakan terkait harkamtibmas di wilayahnya. Personilnya bisa berasal dari beragam kalangan, namun Kapolda berpesan agar setiap personil bisa menjadi panutan bagi masyarakat di wilayahnya.

Oleh karena itu, personel Senkom yang bermitra dengan Polri harus lebih baik dari masyarakat di wilayahnya, baik sikap dan penampilan, tutur kata dan perilaku. Semua harus lebih baik dari masyarakat di wilayahnya.

"Sebagai Kelompok Sadar Kamtibmas, sadarkan dulu anggota Senkom sebelum menyadarkan masyarakat,” pesan Kapolda.

Senkom mitra Polri juga mewakili masyarakat ketika terjadi laporan permasalahan sosial di wilayahnya. Peran ini, kata Kapolda, adalah sebagai perantara dan penyambung lidah dari laporan masyarakat kepada pihak kepolisian.

“Anda sebagai petugas Senkom, minimal harus bisa mengkomunikasikan kepada pihak yang berwenang (Polri). Ini menunjukkan peran anda sebagai seorang problem solving, turut berupaya mendamaikan permasalahan. Kalau tidak bisa, informasikan kepada polisi,” ujarnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Waka Polda Brigjen Pol Agus Suryo Nugroho, sejumlah PJU Polda Jateng, para komandan wilayah Senkom Mitra Polri dari berbagai kabupaten dan kota yang didampingi anggotanya. (KW-036)