Berantas Narkoba, Kodim 0107/Aceh Selatan Gelar Sosialisasi dan Tes Urine

Hartini



ACEH SELATAN - Dalam rangka Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), seluruh Personel Kodim 0107/Aceh Selatan mengikuti sosialisasi serta tes urine yang dilaksanakan Aula Makodim Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan, Selasa (21/5/2024).


Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Aceh Selatan. Sosialisasi diawali dengan pemberian materi tentang bahaya narkoba yang menjelaskan tentang bahaya Narkoba bagi kesehatan serta mempunyai dampak sosial negatif oleh Staf BNNK Aceh Selatan.


Dalam arhannya, Dandim 0107/Aceh Selatan dalam hal ini di wakili Kepala Staf Kodim (Kasdim) Arh Rahman menyampaikan, bahwa sosialisasi P4GN ini bertujuan untuk mengajak seluruh anggota agar nantinya bisa mensosialisasikan tentang bahaya dari mengkonsumsi narkoba kepada anak-anak dan masyarakat di wilayah teritoralialnya masing-masing. 


Menurut Kasdim, penyuluhan adalah salah satu cara yang tepat guna menjelaskan bahaya Narkoba dan cara mencegahnya agar khususnya para personel Kodim 0107/Acrh Selatan tidak terjebak kedalam pengaruh narkoba.


“Dengan adanya sosialisasi atau kegiatan tes urine ini, diharapkan mampu mengoptimalkan daya tangkal prajurit TNI dan PNS khususnya jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan beserta keluarganya terhadap bahaya peredaran dan penyalahgunaan narkoba,”ujarnya.


Pada kesempatan ini juga, Mayor Arh Rahman, mengingatkan kepada seluruh prajurit agar tidak pernah sekali-kali mencoba atau penasaran dengan yang namanya Narkoba dan sejenisnya, karena akibatnya akan sangat merugikan bagi diri sendiri prajurit tersebut ataupun bagi yang mengedarkan.


"Kita tidak akan mentolerir bila anggota Kodim 0107/Aceh Selatan yang terjerat narkoba, akan kita proses hukum dengan seberat-beratnya,"imbuhnya.


Kasdim melanjutkan, bahwa kegiatan semacam ini merupakan kegiatan program yang harus dilakukan, harapan dari P4GN bahwa indikasi adanya yang terjangkit atau pengguna. Adanya tes urine juga merupakan rangkaian dari penyuluhan P4GN ini. 


“Ucapkan terima kasih kepada BNNK Aceh Selatan dan para anggota pada pelaksanaan penyuluhan narkoba yang diselenggarakan ini. Mari kita berbuat yang terbaik, jangan bermain dengan narkoba, semoga penyuluhan ini bermanfaat bagi kita dan keluarga. Kita juga besyukur pada pasa tes urine tidak ada satupun anggota yang positif menggunakan narkoba,"tutup Kasdim.


Acara ini dihadiri Kepala BNNK Aceh Selatan Nuzulian, S.Sos, para Perwira Staf, Danramil dan Batuud jajaran, Kasubbag Umum BNNK Aceh Selatan Nisfurahman,SKM beserta Staf serta seluruh Personel TNI dan PNS Kodim 0107/Aceh Selatan.