Dekranasda Aceh Selatan Gandeng UMKM Tampilkan Berbagai Produk Kreatif AMFF 2024

Hartini



Aceh Selatan _ Pada perhelatan yang digelar ini Pemerintah Aceh bekerjasama dengan Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan dan turut menggandeng UMKM Kabupaten Aceh Selatan yang di laksanakan di Sarinah Mall Jakarta  Jumat 24/05/2024.


Hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal, S.STP., M.Si,.

Pj Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP,. Pj Ketua Dekranasda Aceh Selatan Bd. Yuliani Irvana R., S.Tr. Keb,. Serta Para undangan lainnya.


Dalam sambutannya Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Aceh, Almuniza Kamal S. STP. M. Si, menyampaikan kalau Acara ini merupakan perayaan mode yang diselenggarakan Pemerintah Aceh untuk mempromosikan karya seni dan UMKM Aceh di Ibu Kota. Selain menampilkan berbagai koleksi terbaru dari desainer Aceh, AMFF juga menjadi panggung utama bagi para desainer dan penggemar wastra mode muslim, ucap Almuniza_


Ditempat yang sama  Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan, Bd. Yuliani Irvana R., S.Tr. Keb.mengatakan Pelaksanaan AMFF 2024  sebagai momentum yang tepat  memperluas pasar UMKM lokal yang selama ini aktif dan telah melahirkan berbagai karya kreatif dan dipasarkan di daerah, namun belum mendapat kesempatan untuk dikenal dan tampil di pasar yang lebih luas. 


Maka Pada AMFF ini, Dekranasda kabupaten Aceh Selatan menggandeng salah satu UMKM yakni Putri Pala, yang selama ini telah melahirkan berbagai produk kreatif khususnya wastra mode muslim yang cukup dikenal di Aceh.pungkas nya. 


Melalui AMFF ini kami berharap produk UMKM Aceh Selatan dapat dikenal lebih luas, tidak hanya di Kabupaten Aceh Selatan atau Provinsi Aceh saja. Alhamdulillah, sejak hari pertama ini, stand Dekranasda Aceh Selatan mendapat respon yang positif, terlihat dari banyaknya pengunjung yang mendatangi stand kami dan membawa pulang berbagai produk kreatif yang ditampilkan.


“Kami berharap, melalui pelaksanaan AMFF ini, berbagai produk khas Aceh Selatan dapat lebih dikenal, diantaranya, kain bordir dan batik juga bahan kreatif lainnya bermotif Situnjuang dan juga motif Senuwan Kluet khas Aceh Selatan yang langsung dibeli oleh salah seorang pengunjung. Pada kesempatan ini kami berkolaborasi dengan Putri Pala, Insya Allah, pada kesempatan lain, Dekranasda Aceh Selatan akan berkolaborasi pula dengan UMKM yang lainnya. Kita banyak menampilkan produk UMKM lainnya pada event ini. Saya berharap semoga karya kreatif berkualitas lainnya dari UMKM yang ada di Aceh Selatan juga akan punya kesempatan tumbuh bersama dan dikenal luas sehingga bisa ikut berperan aktif dalam memajukan warisan bangsa khususnya ragam budaya yang berasal dari Aceh Selatan” tutup Yuliani.   


Sedangkan  PjBupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP., selaku Pembina Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan yang turut hadir pada pembukaan AMMF 2024 memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, seraya menyambut baik AMMF sebagai event yang dapat memberikan berbagai informasi tentang produk UMKM yang pastinya akan membawa dampak terhadap penigkatan ekonomi masyarakat. Semoga AMMF dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan UMKM Aceh Selatan, ucap Cut Syazalisma.  


Disela pengunjung yang memadati stand Dekranasda Aceh Selatan, terlihat Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh, Almuniza Kamal, S.STP, serta mantan Bupati Pidie Jaya, H. Said Mulyadi, SE., M.Si.