Di Iringi Hujan Gerimis, Upacara Hardiknas di SMAN 1 Tanah Jambo Aye Berjalan Khidmat

Barsela24news.com


Panton Labu, Aceh Utara - Kamis pagi (02/05/2024) seluruh warga SMAN 1 Tanah Jambo Aye, Panton Labu, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, berkumpul di lapangan sekolah untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional ( HARDIKNAS) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, dalam kesempatan Upacara hari pendidikan Nasional kali ini terasa berbeda dengan di iringi hujan gerimis, walau demikian tidak menghalangi peserta upacara dengan penuh rasa khidmat.

Perlu diketahui bahwa penetapan Hardiknas tak bisa dilepaskan dari sosok Ki Hajar Dewantara. Tanggal 2 Mei yang kini dirayakan sebagai Hardiknas juga berdasarkan hari kelahiran sang Bapak Pendidikan Indonesia tersebut.

Ada tiga semboyan yang melekat erat dengan dunia pendidikan yang diciptakan beliau, yaitu:

Ing ngarso sung tulodho: di depan memberi teladan
Ing madyo mangun karso: di tengah memberi bimbingan
Tut wuri handayani: di belakang memberi dorongan
Perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam bidang pendidikan membuatnya mendapat julukan bapak pendidikan Indonesia.

Hari kelahirannya, yaitu tanggal 2 Mei juga ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional dalam Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 tertanggal 28 November 1959.

Tahun ini Kemdikbud mengangkat tema khusus pada Hardiknas 2024, yaitu “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar “.

Kepala SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye, Talhah, S.Pd, M.Pd, menjadi pembina upacara pada hari ini dengan membacakan amanat upacara dari Menteri Pendidikan kita, Bapak Nadiem Anwar Makarim. Seluruh peserta upacara tampak khidmat mengikuti jalannya upacara meski hujan gerimis menerpa.

Perlu di ketahui SMAN 1 Tanah Jambo Aye telah banyak mencetak Alumni yang saat ini sudah berkecimpung dalam masyarakat baik di tingkat Daerah maupun Nasional, dari itu SMAN 1 Tanah Jambo Aye juga menjadi salah satu SMA yang menjadi target dari lulusan SMP yang ada di Aceh Utara.

Semoga hal-hal baik selalu menghampiri kita semua. Semangat beraktivitas kembali raih prestasi. Majulah Pendidikan Indonesia. Wujudkan Merdeka Belajar.