Dinas Pendidikan Aceh Selatan Gelar Seleksi FLS2N Tingkat Kabupaten

Hartini



ACEH SELATAN - Guna Meningkatkan Kesenian Siswa Dinas Pendidikan Aceh Selatan Menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sekolah Dasar (SD) se-kabupaten setempat. 


Giat tersebut digelar ditiga titik lokasi berbeda, yakni di halaman kantor dinas pendidikan Aceh Selatan, di Aula Dinas Pendidikan dan di Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Kamis 16 Mei 2024.


Pada acara tersebut , turut berhadir Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Akmal AH, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kepala bidang kependidikan dan kebudayaan, pengawas dinas pendidikan dan kebudayaan Aceh Selatan. 


Selain itu, juga dihadiri oleh dewan juri dari tiap bidang perlombaan, kepala sekolah dalam kabupaten Aceh Selatan, pendamping siswa dan peserta perlombaan FLS2N. 


Kabit SD, Hendra Saputra, S. Pd. M. S i selaku ketua panitia, dalam kesempatannya mengatakan tujuan diselenggarakannya FLS2N tingkat SD ini guna mengembangkan Minat, Bakat dan Kreativitas Siswa dalam bidang Seni, mengembangkan jiwa sportivitas, kompetetitif, rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab. 


"peserta merupakan siswa dan siswi Sekolah Dasar yang terdaftar sebagai peserta didik, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan sudah melakukan Registrasi Pendaftaran pada Web BPTI dan WEB Ajang Talenta," ujarnya.


Peserta Lomba sebanyak 144 orang, sambung Kabit SD, pendamping sebanyak 90 orang, perwakilan kepala sekolah sebanyak 90 orang, dewan juri sebanyak 15 orang, panitia sebanyak 30 orang, total peserta sebanyak 369 orang. 


Hadiah yang kita sediakan berupa uang tunai, tropy dan sertifikat untuk juara I, II, III dan juara harapan I, harapan II, harapan III percabang Lomba. 


"Perlombaan yang akan kita selenggarakan sebanyak 5 cabang, yakni lomba menyanyi solo, lomba seni tari, lomba pantomim, lomba kriya dan gambar bercerita," sebut Hendra.


Ditempat yang sama, Kadis Pendidikan, Akmal AH SPd, menyampaikan perlombaan ini merupakan salah satu wujud pembinaan dari masing-masing sekolah, "pada hari ini juga kita akan melihat hasil dari binaan tersebut," kata Kadis. 


Dia menyebut, kegiatan ini merupakan acara yang berjenjang, dari tingkat kecamatan, kabupaten dan pemenangnya akan kita kirimkan ke provinsi, jika lolos maka kita akan antarkan ke tingkat nasional nantinya. 


"Pada tahun lalu, kita sudah pernah mengirimkan salah satu siswa dari kabupaten Aceh Selatan ke tingkat Nasional dalam ajang perlombaan penyanyi solo," katanya. 


Semoga kedepannya kita terus melahirkan generasi-generasi yang bisa mewakili provinsi ke tingkat Nasional dan membawa pulang hadiah sebagai sang juara dan ini merupakan suatu prestasi yang sangat membanggakan. 


"jika tahun lalu kita berhasil mengirimkan satu orang, maka tahun ini minimal kita berhasil mengimkan sebanyak 5 sisiwa atau siswi ke tingkat Nasional," harapnya. 


Dia juga mengatakan akan terus memantau dari tiap kecamatan dan pengawas dalam membimbing dan membina perkembangan anak didiknya. 


"Saya juga menekan kepada dewan juri untuk menilai peserta semaksimak mungkin, jangan ada yang mendengarkan bisikan-bisikan setan karena hal itu akan berdampak pada mental peserta nantinya," tegas Kadis. 


Terpisah, usai pembukaan, Kadis Pendidikan Akmal AH. SPd. memberikan penghargaan kepada salah satu guru berprestasi yang berasal dari sekolah SDN 4 Kandang, yang merupakan juara 3 pada cabang lombang sain bidang bahasa indonesia tingkat Nasional.