Kepala Desa Anjani Tetap Budayakan dan Junjung Tinggi Nilai Gotong Royong

Barsela24news.com


Lombok Timur, NTB - Dalam rangka tetap menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan Pemdes Anjani laksanakan kegiatan gotong royong, Jum'at (17/5/2024).

Kegiatan gotong royong rutin yang di lakukan seminggu sekali setiap hari jum'at Tersebut melibatkan seluruh aparatur desa Anjani dan Kepala Wilayah se-Desa Anjani.

Kepala Desa Anjani Muhammad Sa'id, SP
Menyampaikan, Sikap gotong royong tersebut seharusnya dimiliki oleh semua elemen dan lapisan masyarakat yang ada di Indonesia. Sebab, dengan memiliki kesadaran itu, semua lapisan masyarakat akan lebih mudah dalam melakukan semua kegiatan dengan cara gotong royong.

Gotong royong merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama dan memiliki sifat sukarela. Supaya kegiatan yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar, ringan, dan juga mudah. Salah satu contoh yang bisa dilakukan secara gotong royong adalah pembangunan fasilitas umum, membersihkan lingkungan desa, atau kerja bakti.

Dengan begitu, semua hal yang akan dikerjakan akan lebih mudah dan juga cepat diselesaikan serta lebih lancar dan maju. Tak hanya itu saja, dengan adanya kesadaran semua lapisan masyarakat dalam menerapkan sikap gotong royong, maka akan tercipta hubungan persaudaran yang semakin erat.

Seiring berkembangnya zaman, banyak nilai budaya yang masuk dan menjadi satu bagian di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Selain itu, kehidupan masyarakat sedikit demi sedikit mulai berubah. Dari ekonomi agraris menuju ke ekonomi industri. Sekarang ini, ekonomi industri sudah lebih berkembang dan maju. Oleh karena itu, banyak tatanan kehidupan yang didasarkan pada pertimbangan ekonomi. Sehingga banyak orang yang memiliki sifat materialistis dan nilai gotong royong yang dulu sangat melekat kini sudah mulai pudar,. pungkasnya.

"Menata dan membersihkan langkah awal yang kita coba perbuat untuk lingkungan Desa Anjani untuk Anjani lebih baik kedepannya " tutup muhammad Sa'id.

(Bagoes)