Masuk 10 Besar Indeks SPBE Tertinggi, Pemkot Semarang Raih Digital Government Award SPBE Summit 2024

Barsela24news.com


Semarang, Jateng - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berhasil menyabet Digital Government Award SPBE Summit 2024 sebagai satu dari 10 kota yang masuk dalam indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tertinggi.

Penghargaan tersebut diunumkan dalam kegiatan SPBE Summit 2024 dan peluncuran Government Technology (GovTech) Indonesia di Istana Negara Jakarta, Senin (27/5/2024).

Kegiatan yang dibuka Presiden RI Joko Widodo itu diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk mendorong perkembangan layanan digital di setiap instansi pemerintah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Semarang, Soenarto mengatakan, ada beberapa indikator yang membuat Kota Semarang bisa masuk kategori tersebut. Mulai dari layanan publik berbasis elektronik, layanan administrasi pemerintah berbasis elektronik, hingga kebijakan internal terkait tata kelola SPBE.

"Penilaiannya dilihat dari seberapa penerapan sistem pemerintah berbasis elektronik, mulai dari penguatan sistem informasi, kapabilitas SDM dan beberapa indikator lain. Itu kemudian dinilai dari tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," ungkapnya.

Sementara, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pihaknya berupaya menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik di setiap lini. Hal ini bertujuan untuk memenuhi standar layanan publik.

"Sebelumnya Kota Semarang tidak masuk. Sehingga dengan masuknya Semarang, membuat kami dipanggil ke Istana Negara," ujar Mbak Ita, sapaannya.

Menurutnya, hanya peringkat 10 besar yang mendapat undangan khusus dari Kemenpan RB di Istana Negara.

“Presiden Joko Widodo banyak memberikan arahan, termasuk untuk mempermudah layanan kepada masyarakat dengan aplikasi dan digitalisasi," pungkasnya. (KW-036)