252 Siswa Aceh Selatan Lulus di PTN Jalur SNBT, Meningkat dari Tahun Sebelumnya

Hartini



TAPAKTUAN - Sebanyak 252 orang siswa SMA dan SMK dari Kabupaten Aceh Selatan lulus di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2024. Dari jumlah 252 itu, SMA Negeri 1 Tapaktuan mendominasi lulus di PTN sejumlah 58 orang siswa.


Hal itu disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Aceh Selatan, Annadwi SPd MM kepada media Barsela24 News. Com Rabu 19/06/2024, setelah menerima rekapitulasi hasil SNBT tahun 2024 dari masing-masing sekolah jenjang SMA dan SMK.


"Semua siswa yang lulus tersebut tersebar di berbagai PTN di Aceh seperti Universitas Syiah Kuala, Universitas Malikussaleh, Universitas Samudra, Universitas Teuku Umar, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Politenik Kesehatan Aceh dan Universitas Islam Ar-Raniry," sebut Annadwi.


Bahkan katanya, ada yang lulus di PTN luar Aceh, yakni Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Negeri Medan dan Universitas Negeri Padang.


"Kelulusan SNBT tahun ini sejumlah 252 orang meningkat dari tahun 2023 sejumlah 234 orang siswa," kata Annadwi.


Dikatakannya, peningkatan lulusnya siswa di PTN tahun 2024 ini membuktikan motivasi belajar siswa semakin meningkat untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.


Bukan saja motivasi dari siswa semata, namun kata Annadwi berkat arahan dari kepala sekolah, dewan guru dan dukungan dari orang tua siswa.


"Terima kasih atas kerja sama dari Kepala SMA dan SMK, seluruh dewan guru dan tendik, pengawas, komite sekolah dan semua stakeholders atas dukungan dan kerja sama yang selama ini terus terjalin dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Aceh Selatan," ucap Annadwi.


Kacabdisdik mengharapkan, bagi siswa yang belum lulus di jalur SNBP dan SNBT, masih ada peluang satu lagi yaitu jalur Mandiri, namun jalur ini memang SPP nya lebih mahal.


"Namun walupun belum lulus di PTN, kampus swasta masih berpeluang besar menerima calon mahasiswa baru yang fasilitasnya tidak kalah dengan kampus negeri," ungkap Annadwi.