Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan Gelar Festival Seni Tingkat Anak Usia Dini

Hartini



ACEH SELATAN - Dinas Pendidikan dan Budaya (Disdikbud) Aceh Selatan menggelar Festival Seni tingkat PAUD se-kabupaten setempat, acara tersebut berlangsung di Gedung Rumoh Agam, Kecamatan Tapaktuan, Rabu 12 Juni 2024.


Kepala Disdikbud Aceh Selatan, Akmal AH, SPd. dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini diikuti seluruh anak-anak PAUD se-Kabupaten Aceh Selatan guna meningkatkan karakter dan seni anak usia dini. 


"Festival ini merupakan ajang tahunan, yang mana seluruh anak PAUD se Kabupaten Aceh Selatan nantinya akan dipacu pada festival seni ini," katanya. 


"Selain meningkatkan kesenian anak, kita juga harus mendidik anak-anak dalam hal beretika dan membentuk karakter untuk yang lebih baik," sambungnya.


Menurut Akmal, Yang di perlombakan pada pentas seni tingkat Anak usia dini ini ada tiga bidang.

1. Lomba menari

2. Lomba drama

3. Lomba pembuatan APE, atau alat pemainan Edukatif.

Dengan jumlah peserta yang mengikuti lomba pentas seni ini berjumlah 168 orang terdiri dari putra putri dari masing masing kecamatan yang ada di Aceh Selatan.


Sementara itu, Bunda PAUD Aceh Selatan, Yuliani Irvana dalam sambutannya mengatakan melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan kita mulai berbenah dimana Pendidikan Anak Usia Dini salah satunya  adalah pembelajaran P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)


"mudah-mudahan dengan kegiatan ini  dapat dibentuk dan diapresiasikan bakat minat dan emosi anak termasuk kecerdasan sosial anak usia dini," ungkapnya. 


Menurutnya, P5 ini merupakan perwujudan dari 5 kecerdasan pondasi yaitu, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, Mandiri, Gotong royong, serta Bernalar kritis dan kreatif. 


Dia berharap, para guru dan kepala sekolah untuk bisa saling berkoordinasi antara guru dan kepala sekolah TK/PAUD dan SD agar bisa berkaloborasi dalam pelaksanaan transisi dari PAUD ke SD, sehingga implementasi transisi dari PAUD ke SD dapat berjalan sukses di Aceh Selatan. 


"Mudah-mudahan acara Festival Seni Pendidikan Anak Usia Dini ini berjalan lancar dan sukses sampai dengan acara berakhir," pungkas Yuliani Irvana.