Kacabdisdik Aceh Selatan Bangga, Siswa SMAN 1 Tapaktuan Lolos Paskibraka Nasional

Hartini



TAPAKTUAN - Muhammad Yusran Ar-Razzaq, siswa SMA Negeri 1 Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan lolos jadi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat pusat.


Yusran nantinya akan mewakili Provinsi Aceh dan bergabung bersama tim Paskibra se-Indonesia pada peringatan Hari Proklamasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, 17 Agustus 2024 mendatang.


Hal itu diketahui berdasarkan Surat Badan Pembina Ideologi Pancasila Deputi Bidang Pendidikan dan Latihan, Nomor 55/PE.00.04/06/2024)- tertanggal 21 Juni 2024, Lampiran 1, Tentang Verifikasi Calon Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2024.


Keberhasilan Yusran lolos Paskibraka nasional, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdi) Wilayah Aceh Selatan, Annadwi SPd MM pada Media Barsela 24 News.Com Kamis (27/6/2024) mengatakan kalau dirinya sangat berbangga dan memberikan apresiasi atas keberhasilannya itu.


"Saya sangat berbagga atas lolosnya Yusran menjadi Paskibraka nasional dan jarang-jarangnya putra Aceh Selatan terpilih menjadi pengibar bendera pusaka merah putih pada upacara HUT Kemerdekaan RI," ucap Annadwi.


Dijelaskannya, perjuangan Yusran kelahiran Tapaktuan 23 Juni 2008 anak dari pasangan Tgk Anis Ds (almarhum) dan Surnida itu cukup panjang.


Sebelum dinyatakan lolos, ia mengikuti proses tahapan seleksi dan latihan mulai tingkat kabupaten hingga provinsi.


Di sekolahnya kata Annadwi, Yusran dilatih oleh Farhan seorang pelatih yang juga berkerja sebagai Satuan Pengamanan (Satpam) di SMA Negeri 1 Tapaktuan.


"Awalnya dia mengikuti latihan di sekolah untuk mengikuti seleksi tingkat Kabupaten, dalam sehari-hari Yusran dilatih oleh Farhan yang juga Satpam di sekolah," cerita Annadwi.


Kacabdisdik menuturkan, Yusran bersama rekan lainnya dari SMA Negeri 1 Tapaktuan yang berjumlah 25 orang dilatih oleh Farhan dan mengikuti seleksi tingkat Kabupaten Aceh Selatan, dari 25 peserta yang mengikuti seleksi 18 orang dinyatakan lolos. 


"18 orang dinyatakan lolos seleksi, salah satunya Yusran, lalu dinyatakan lulus seleksi untuk mengikuti tahap seleksi ditingkat provinsi, sedangkan 17 rekan saya menjadi Paskibraka tingkat Kabupaten di Aceh Selatan," jelas Annadwi.


Kemudian Yusran, dari tingkat kabupaten dia didampingi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh Selatan dan ditingkat provinsi didampingi oleh Kesbangpol Aceh. 


"Upaya kerja keras dan do'a orang tua serta dukungan dari kepala sekolah, dewan guru, pelatih, Pemkab dan Cabdisdik Aceh Selatan, Alhamdulillah Yusran dinyatakan lolos," ungkapnya.


Annadwi berharap, agar Yusran dapat menjadi anggota Paskibraka yang tangguh, kuat, disiplin, bertanggungjawab dan berakhlaq mulia.