Satsamapta Polres Aceh Jaya Laksanakan Patroli Ditingkatkan Saat Libur Hari Raya Idul Adha

Barsela24news.com


Calang – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) selama libur Hari Raya Idul Adha, Satuan Samapta (Satsamapta) Polres Aceh Jaya melaksanakan kegiatan patroli yang ditingkatkan. Kegiatan ini dipimpin oleh Kanit Turjawali Sat Samapta Polres Aceh Jaya, Bripka M. Hanafi, dengan melibatkan enam personil Tim Patroli Perintis Presisi.

Kapolres Aceh Jaya, AKBP Andy Sumarta, melalui Kasat Samapta, AKP Syamsul, menyampaikan bahwa patroli tersebut bertujuan untuk memastikan situasi yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Aceh Jaya, terutama di lokasi-lokasi yang rawan terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Guantibmas).

Kegiatan patroli dimulai pada Selasa, 18 Juni 2024, pukul 15:00 WIB hingga 18:00 WIB. Lokasi patroli meliputi Gunung Keutapang, Pantai Ujong Pusong, Pantai Syariah, seputaran Kota Calang, dan tempat-tempat lainnya yang dianggap rawan Guantibmas.

"Pada pukul 15:00 WIB, Tim patroli melaksanakan apel kesiapan dan pengecekan perlengkapan yang dipimpin oleh Bripka M. Hanafi. Kemudian pada pukul 15:30 WIB, Tim Patroli Perintis Presisi berangkat dari mako Polres Aceh Jaya dengan menggunakan kendaraan dinas R4," jelas AKP Syamsul.

Selanjutnya, pada pukul 16:00 WIB, Tim Patroli melaksanakan patroli di Gunung Keutapang, di mana mereka memberikan himbauan secara humanis kepada masyarakat agar senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban. Patroli kemudian dilanjutkan ke Pantai Syari'ah pada pukul 17:00 WIB untuk memberikan himbauan kepada pengunjung pantai agar mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada pukul 18:00 WIB, Tim Patroli melanjutkan kegiatan di Pantai Ujong Pusong untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas dan meminimalisir tindak kejahatan di seputaran wilayah hukum Polres Aceh Jaya. Mereka juga memantau situasi kamtibmas di tempat-tempat yang rawan terjadi Guantibmas guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Personil Tim Patroli Perintis Presisi berdialog dengan masyarakat dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar tercipta suasana yang aman, nyaman, dan kondusif. Jika terjadi gangguan kamtibmas atau hal yang dianggap perlu kehadiran polisi, masyarakat diimbau agar segera menghubungi nomor kontak layanan kepolisian 110 atau melaporkan ke kantor polisi terdekat," ungkap AKP Syamsul.

Dengan dilaksanakannya patroli yang ditingkatkan ini, diharapkan masyarakat Aceh Jaya dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dengan tenang dan aman. Polres Aceh Jaya berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik demi terciptanya situasi yang kondusif di wilayahnya.