Sijago Merah Hanguskan 13 Unit Rangkang Santri di Labuhan Haji Barat

Hartini



Aceh Selatan - Tiga Belas rangkang Santri di Gampong Ujung Padang Kecamatan Labuhan haji Barat Kabupaten Aceh Selatan hangus dilalap sijago merah. Kamis 13/06/2024.


Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 11:48 WIB petugas Damkar PB 03 Labuhanhaji menerima laporan bahwa telah terjadi kebakaran Pesantren Darul Wusta di Gampong Ujong Padang Kecamatan Labuhanhaji Barat.


Menindaklanjuti laporan tersebut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Selatan H. Zainal A, SE., M.Si melalui Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Aris Monkuba, S.STP., M.Tr.IP menugaskan personil menuju kelokasi untuk melakukan Pemadaman.


"Kebakaran itu terjadi pada kontruksi bangunan kayu dan petugas sulit melakukan pemadaman disebabkan Angin yang berhembus kencang, hingga untuk mempercepat proses penangganan petugas meminta bantuan tambahan armada, Segera setelah itu Kabid Damkar dan Penyelamatan mengirimkan bantuan Armada dan personil dari pos 01 Tapaktuan dan Pos 02 Meukek untuk menuju kelokasi kebakaran, agar api tidak merambat pada bangunan lain," kata Zainal.


Lanjutnya, Setelah lebih kurang Satu Jam melakukan pemadaman api berhasil dipadamkan secara keseluruhan dan dilanjutkan dengan pendinginan untuk memastikan api telah padam total dengan bantuan TNI-Polri, Damkar Pos 03 Labuhan Haji, pos 01 Tapaktuan, Pos O2 Meukek, PLN, Tagana, Masyarakat setempat, dan Santri.


"Adapun bangunan rangkang yang hangus sebanyak sepuluh unit Rangkang santri terbakar habis beserta pakaian, sedangkan tiga unit Rangkang santri terbakar sebahagian saja," ungkapnya.


"Penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan pihak kepolisian, walaupun tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut namun kerugian mencapai puluhan juta rupiah," tutupnya.