Baznas RI Gelar Rakor Dengan Baitul Mal Se Aceh, Berikut Hasilnya

Hartini



 ACEH SELATAN - Badan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia (BAZNAS RI) gelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Baitul Mal se Aceh. 


Giat tersebut, melibatkan, Bidang Perencanaan, Kajian dan Pengembangan, membahas Indeks Zakat Nasional (IZN), Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT), bertempat di Aula Lantai 2 Setdakab Aceh Selatan, Selasa, 30 Juli 2024.


Rakor tersebut melibatkan Dewan Pengawas, Badan dan Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Jaya, Subulussalam dan Aceh Singkil. Baik secara online maupun offline. 


Direktur Kajian dan Pengembangan ZIS DSKL BAZNAS RI, Muhammad Hasbi Zaenal, menyambut baik Rapat Koordinasi Baitul Mal, menghasilkan "Deklarasi Tapaktuan" sebagai wujud keinginan yang kuat bagi seluruh unsur Baitul Mal Kabupaten Kota di Aceh. 


Berkomitmen untuk dinilai kinerjanya menggunakan Indeks Zakat Nasional (IZN), Siap mendeklarasikan sebagai Kabupaten Kota Zakat, Hasil Penilaian IZN akan menjadi bahan penguatan dan evaluasi kinerja pengelolaan Zakat tahunan. 


Menurutnya, "Aceh luar biasa, Ini menjadi langkah besar bagi Baitul Mal untuk menjadi contoh terbaik pengelolaan Zakat di Indonesia," ungkap Zaenal. 


Sementara itu, Ketua Baitul Mal Aceh, Muhammad Haikal, menyambut baik pelaksanaan Rakor di Tapaktuan yang telah lama ditunggu tunggu.


"Diharapkan Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan sebagai BMK yang menjadi Role Model Pilot Projects dari BAZNAS RI dengan beberapa program yang telah dan akan berjalan dapat diikuti oleh BMK lainnya," harapnya.


Presentasi Usulan Program Baznas RI di Aceh Selatan yang disampaikan oleh beberapa Kepala Dinas atau yang mewakili sesuai dengan tindak lanjut usulan program Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan ke BAZNAS RI.


Seperti usulan Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU), bantuan modal usaha dan pelatihan dibidang Pperikanan, beasiswa bagi siswa-siswi yang tidak mampu, pembangun pasar baru kios jualan terbuka, pembangunan Rumah Sehat Baznas (RSB) berupa klinik utama dan pembangunan mualaf center.


Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan, Gusmawi Mustafa menyampaikan bahwa hasil presentasi Usulan Program ke BAZNAS RI, "sebagai sarana menuju adanya komitmen sharing Cost dari beberapa program yang ada di Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan dimana lahan tanah tersedia," katanya. 


Direktur Kajian dan Pengembangan ZIS DSKL BAZNAS RI menyampaikan bahwa seluruh usulan tersebut akan dibawa ke BAZNAS RI dan dilaporkan kepada pimpinan BAZNAS RI.


"Usulannya bagus dan kita akan laporkan kepada Pimpinan BAZNAS RI untuk mendapatkan arahan lebih lanjut," tutup Hasbi Zaenal.


Saat acara, turut hadir Direktur Kajian dan Pengembangan ZIS DSKL BAZNAS RI Muhammad Hasbi Zaenal, Resti Vurwarin selaku selaku Kepala Divisi Sistem dan Prosedur Direktorat Perencanaan ZIS DSKL Nasional BAZNAS RI.


Selain itu, Herlin, selaku Peneliti Divisi Kajian dan Pengembangan BAZNAS RI datang langsung dalam rangka menghadiri Presentasi Usulan Program Baznas RI di Kabupaten Aceh Selatan oleh pemerintah setempat, dan sebagai tindak lanjut kunjungan Penjabat Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, pada tanggal 25 Juni 2024 lalu, ke Kantor BAZNAS RI di Jakarta. Demikian.