𝐉𝐞𝐥𝐚𝐧𝐠 𝐔𝐩𝐚𝐜𝐚𝐫𝐚 𝐇𝐔𝐓 𝐑𝐈 𝐊𝐞-𝟕𝟗, 𝐏𝐞𝐦𝐛𝐚𝐧𝐠𝐮𝐧𝐚𝐧 𝐈𝐊𝐍 𝐃𝐢𝐡𝐞𝐧𝐭𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐒𝐞𝐦𝐞𝐧𝐭𝐚𝐫𝐚

Barsela24news.com


Jakarta,- Kegiatan pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dihentikan sementara menjelang digelarnya upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Sekretaris Otorita Ibukota Nusantara (OIKN) Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan keputusan ini diambil agar tidak mengganggu persiapan upacara. 

“Agar kegiatan pembangunan di IKN tidak mengganggu atau terganggu maka sebelum Upacara 17 Agustus, kegiatan tersebut akan dihentikan sementara,” ungkap Achmad dalam Prime Time News Metro TV

Dikatakan, kegiatan pembangunan yang akan dihentikan berada di sekitar area yang nantinya digunakan sebagai tempat upacara.

Area tersebut akan difungsikan sebagai jalur lalu lintas tempat keluar masuknya para tamu dan peserta upacara 17 Agustus nanti.

“Untuk persiapan kegiatan 17 Agustus sendiri, sudah ada panitia yang dipimpin oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) bersama Kementerian Sekretariat Negara. 

Kami (OIKN-red) bersama kementerian dan instansi lainnya termasuk TNI dan Polri masuk dalam panitia,” jelasnya. 

Achmad menerangkan, semua persiapan sudah dilakukan. 

Bahkan sudah ada beberapa kali kunjungan persiapan dan pengecekan ke area yang akan digunakan untuk upacara.

Persiapan yang dilakukan termasuk memastikan tata letak dalam upacara serta skenario-skenario yang diperlukan apabila terjadi perubahan cuaca misalnya “Ya itu perlu diantisipasi karena seperti kita ketahui cuaca saat ini tidak seperti biasanya di mana hujan dan panas itu bergiliran. 

Terkadang tidak menentu gitu,” terangnya. 
Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, semua pihak sudah melakukan asesmen skenario-skenario yang perlu dilakukan. 

Misalnya memastikan mobilitas peserta upacara dari Balikpapan untuk masuk ke area upacara baik pada pagi hari dan sore hari.