Dalam Perekrutan Panwascam Keterwakilan Perempuan 30% wajib Terpenuhi

Barsela24news.com


ACEH SELATAN - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024, Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Aceh Selatan, membuka perekrutan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwaslihcam) sejak 27 - 29 Juni 2024.

Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Al Syukri Rahman, saat ditemui media Barsela 24.Com,Senin 29 Juli 2024, mengatakan untuk pendaftaran panwascam sendiri kita telah menetapkan 2 metode, pertama metode penyerahan berkas secara langsung dan juga secara online melalui email Panwaslih.

"Menurut data rekapan dihari pertama dan kedua, dari 23 Kabupaten/Kota, Aceh Selatan merupakan peminat paling banyak, yakni berjumlah 123 orang," ungkapnya. 

Dalam melakukan rekrutmen sendiri, kita harus memenuhi kuota dari keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen per kecamatan, jika sampai akhir masa pendaftaran keterwakilan perempuan belum terpenuhi , maka rekrutmen akan diperpanjang. 

"Setelah dilakukan perpanjangan rekrutmen masih juga tidak terpenuhi, maka kami akan mengambil kebijakan, dan tentunya sudah melalui prosedur," ungkap Syukri. 

Dan terkait kelulusan, pihaknya tidak lagi mengacu pada keterwakilan perempuan dan laki-laki, "itu menurut kemampuan dan skill secara individu nantinya," tegasnya. 

Selain itu, dia juga mengucapkan rasa terimakasih kepada semua stake holders yang selama ini telah mendukung penuh terkait kegiatan yang diselenggarakan oleh panwaslu semalam ini. 

"Saya berharap kepada rekan-rekan media kedepannya juga membantu kami dalam penyampaian informasi kepada masyarakat," pungkas Ketua Panwaslih.( Tini)