Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Sosialisasi tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di SMAN 1 Taliwang Kab. Sumbawa Barat

Barsela24news.com


Sumbawa Barat, NTB - Danramil 1628-01/Taliwang Kapten Inf Bambang didampingi Babinsa Desa Tambak sari Serda Edison malaksanakan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Sosialisasi tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di SMAN 1 Taliwang Kab. Sumbawa Barat,Kamis (11/0724), Pukul 08,30 Wita.


Dalam kesempatan kali ini para (MPLS) Siswa Siswi SMAN 1 Taliwang menerima
Sosialisasi tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara oleh Narasumber Danramil 1628-01/Taliwang Kapten Inf Bambang yang di ikuti oleh para (MPLS) sekitar 290 Orang Kelihatan nya para peserta (MPLS) Kelihatannya nampak semangat menerima Sosialisasi tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara
tersebut 


"Ungkap Danramil 1628-01/Taliwang Kapten Inf Bambang,Bungkarno Pernah bilang dan menitipkan kepada kita semua sebagai warga negara Indonesia, perjuangan itu lebih mudah karena mengusir penjajah, tetapi perjuangan akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri, yang artinya kita akan lebih sulit apabila melawan para penghianat bangsa karena kita tidak tau yang mana musuh dan yang mana kawan."


Sejak jaman peradaban sampai sekarang dan bagaimana perjuangan para pendiri bangsa ini yang sudah rela berkorban untuk tanah air Indonesia dan generasi kita sekarang tinggal mempertahankannya dengan menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada Bangsa dan Negara.


Dalam meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi, perlu dimaknai nilai-nilai yang terkandung dalam empat consensus dasar negara; Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 45 demi memantapkan kembali jati diri bangsa dan membangun kesadaran tentang sistem kenegaraan perlu di tanamkan kepada siswa-siswi baru,tutur Danramil 1628-01/Taliwang.


Untuk meningkatkan kecintaan kepada NKRI, seluruh warga negara tidak terkecuali siswa-siswi baru harus membangun rasa saling menghargai dengan segala macam perbedaan suku ras dan latar belakangnya.

Peningkatan pemahaman terhadap kemajemukan sosial budaya sebagai pencitraan dari budaya bangsa Indonesia yang semakin dewasa merupakan upaya membangun citra diri didasarkan aktualisasi nilai-nilai kebhinekaan yang kita miliki. 

Untuk itu diharapkan kepada kita semua terutama adik-adik atau anak-anak ku sekalian sebagai warga negara Indonesia yang baik untuk melakukan tindakan nyata agar kebhinekaan ini tetap terjaga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Wawasan kebangsaan adalah cara pandang Bangsa Indonesia dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilandasi jatidiri bangsa dan kesadaran terhadap sistem nasional yang bersumber dari Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika, untuk memecahkan berbagai persoalan bangsa dan negara demi mencapai masyarakat yang aman, adil, makmur dan sejahtera.

Tags