Masa pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) SMK 3 Mataram

Barsela24news.com


Mataram, NTB - (15/7/2024), memasuki ajaran baru 2024/2025 SMK Negeri 3 Mataram mengadakan kegiatan (MPLS) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah sebagai pengenalan, program, kurikulum, sarana prasarana, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri dan pembinaan awal kebiasaan (budaya) sekolah. Pelaksanaan MPLS ini bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah yang menyenangkan.

" Tujuan MPLS ini untuk memberikan dampak positif dan menyenangkan bagi peserta didik di lingkungan sekolahnya. Selain itu, mendorong peserta didik untuk aktif mengenal guru, kakak kelas dan lingkungan sekitar, sehingga mereka lebih nyaman dan menyenangkan di lingkungan sekolah. Peserta didik mampu beradaptasi dan menyatu dengan warga sekolah dan lingkungan sekolah.

- Tujuan utama adalah peserta didik memahami lingkungan sekolah dalam rangka pelaksanaan wawasan wiyata mandala sehingga fungsi sekolah dapat mendukung terwujudnya tujuan Pendidikan secara komprehensif.

Sebanyak kurang lebih 720 peserta didik baru SMK Negeri 3 Mataram melalui jalur prestasi, afirmasi, dan zonasi mengikuti kegiatan Pengenalan lingkungan sekolah mulai dari tanggal 15 s.d. 17 Juli 2024.
Kegiatan ini dibuka secara resmi langsung oleh "Sulman Haris ,S.Ag.M.Pdi" selaku kepala sekolah saat upacara bendera dilanjutkan pembukaan MPLS secara simbolis mengalungkan papan nama MPLS perwakilan peserta didik baru.

Adapun materi MPLS yang bersifat edukatif, sebagai berikut:

1.Pengenalan sekolah dan manajemen sekolah ( Visi, Misi dan program kegiatan)
2.Penguatan program keahlian (semua keahlian)
3.Kesadaran berbangsa dan benegara
4.Pengenalan kurikulum Merdeka
5.Lagu nasional dan daerah
6.Mars SMK dan lagu daerah
7.Penguatan Kegiatan Kesiswaan dan Tata Tertib
8.Adiwiyata dan gaya hidup berkelanjutan terkait PRLH
9.Bahaya Kebakaran dari DAMKAR Mataram
10.Tata tertib berlalu lintas
11.Pengenalan eksrakurikulum
12.Asessmen Diagnostik
13..Achievment Motivation Training
14.Penerimaan Tamu Ambalan.
Terlihat antusiasme siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan MPLS 2024/2025. Semoga siswa siswi baru mampu beradaptasi dengan pembelajaran di sekolah dan mencetak prestasi di SMK Negeri 3 Mataram.