Pengamanan Pawai Ta'ruf/Karnaval Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H di Kec. Teunom Berjalan Lancar dan Kondusif

Barsela24news.com


Calang - Dilaksanakan kegiatan Pawai Ta'ruf dalam rangka Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H di Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya. Kegiatan ini diprakarsai oleh Forkopimcam dan PHBI (Panitia Hari-Hari Besar Islam) serta diikuti oleh masyarakat Kecamatan Teunom yang mengenakan pakaian muslim dan adat Aceh, Minggu, 7 Juli 2023, sekira pukul 09.40 WIB.

Sekitar 500 orang hadir dalam kegiatan ini, yang terdiri, Camat Teunom dan staf, Kapolsek Teunom dan anggota, Danramil Teunom dan anggota, Kepala KUA Teunom, Perwakilan MPU Teunom, Imum Mukim Keude Teunom, IPHI Kecamatan Teunom, BKPRMI Teunom dan staf, PHBI Kecamatan Teunom, Keuchik dari seluruh desa di Kecamatan Teunom dan Peserta kontingen pawai dari masing-masing desa di Kecamatan Teunom

Rute pawai dimulai dari Lapangan Bola Kaki Spit Teunom di Desa Keude Teunom, menuju Simpang Desa Panton, kemudian keluar ke Jalan Nasional Calang-Meulaboh di Desa Alue Ambang, dan kembali ke Lapangan Bola Kaki Spit Teunom untuk finis.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian giat keagamaan tahunan yang diselenggarakan oleh PHBI Kecamatan Teunom untuk memperingati masuknya Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H dalam kalender Hijriah.

Dalam pelaksanaan pawai, petugas dari Polsek Teunom dengan bantuan dari Koramil Teunom melakukan pengamanan serta pengaturan lalu lintas dan rekayasa lalu lintas. Kegiatan ini telah memiliki izin keramaian dari Polres Aceh Jaya dengan nomor: SI/9/VII/YAN.2.1./2024/IK tertanggal 5 Juli 2024.

Pawai Ta'ruf selesai dilaksanakan pada pukul 11.30 WIB dalam keadaan aman dan lancar. Kapolres Aceh Jaya, AKBP Andy Sumarta, melalui Plh. Kapolsek Teunom, Ipda Khurial, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan ini. "Kami mengapresiasi kedisiplinan dan kerjasama masyarakat dalam mendukung terlaksananya Pawai Ta'ruf Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 H. Semoga kegiatan seperti ini terus memberikan manfaat dan mempererat ukhuwah Islamiyah di Kecamatan Teunom," ujar Ipda Khurial.