Tingkatkan Kedisiplinan BKD Desa Loyok,Babinsa Koramil 1615-09/Sikur Latihkan PBB

Barsela24news.com


Lotim-Koramil 1615-09/Sikur mempunyai tanggung jawab diwilayah binaannya, salah satunya Badan Keamanan Desa (BKD), yaitu membentuk sikap, kedisiplinan, loyalitas, kepedulian, dan rasa tanggung jawab dalam menjaga kondusifitas kamtibmas, maka dari itu Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1615-09/Sikur Kodim 1615/Lombok Timur melatih baris-berbaris anggota Badan Keamanan Desa (BKD) Loyok Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur, Jumat (12/07/2024).

Tujuan dari kegiatan ini menurut Babinsa Loyok Serka Haryanto adalah membentuk karakter anggota BKD Desa Loyok agar lebih disiplin dan memupuk jiwa nasionalisme.

"Kami memberikan teori terlebih dahulu, sekaligus dilanjutkan praktik peraturan baris berbaris dan disiplin. Derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat anggota BKD, untuk melaksanakan latihan," katanya.

Lanjutnya, kegiatan ini akan secara rutin dan terus menerus dilaksanakan oleh Babinsa membina anggota BKD Desa Loyok karena diharapkan melalui kegiatan ini para anggota BKD bisa terlatih dalam hal kedisiplinan. 

"Pelatihan ini tidaklah cukup hanya dengan belajar baris berbaris saja, karena tujuan latihan ini adalah untuk menciptakan anggota BKD yang disiplin, terampil dan pintar, serta mengenal wilayahnya sehingga pada akhirnya terbentuklah petugas keamanan desa yang kuat baik secara fisik, mental, maupun pikiran," terangnya. 

"Di sinilah langkah awal bagi anggota BKD Desa Loyok yang merupakan daerah pariwisata dan pengerajin yang harus dijaga keamanannya, juga mengenalkan kedisplinan dan latihan untuk membela Negara," tegasnya.

Selain itu, PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anggota BKD yaitu melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim dan belajar mendengar dan patuh.

"Dengan begitu banyak hal positif yang bisa diambil dari pembelajaran Peraturan Baris Berbaris (PBB).