3.457 Personel TNI-Polri Amankan Sidang Tahunan MPR RI

Barsela24news.com


Jakarta – Polda Metro Jaya menyiapkan pengamanan pidato kenegaraan dan sidang tahunan MPR RI di gedung DPR/MPR RI hari ini. Lebih dari tiga ribu personel gabungan TNI-Polri akan melaksanakan pengamanan agenda tahunan tersebut.

"Total gabungan personel pengamanan sebanyak 3.457 personel dengan rincian Polri sebanyak 3.137 personel, TNI 223 personel, dan dari pemda sebanyak 97 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (16/8/2024).

Beberapa pola pengamanan disiapkan Polda Metro, termasuk di jalur yang dilewati Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ade menegaskan kepolisian siap memastikan semua rangkaian berjalan lancar.

"Pola pengamanan dilakukan di sekitar gedung DPR/MPR, Bundaran HI, dan Patung Kuda serta pengamanan rute keberangkatan dan kembali Presiden dari Istana Negara-DPR MPR guna menciptakan Kamseltibcar Lantas," ujarnya.

Lebih lanjut, pihak kepolisian juga mengantisipasi adanya kegiatan unjuk rasa menyoal sidang tahunan yang digelar. Dia menyebutkan berbagai bentuk kerawanan lain juga sudah diantisipasi.

"Pengamanan mengedepankan giat preventif dan penegakan hukum yang didukung giat intelijen guna mengantisipasi kegiatan unjuk rasa, kemacetan lalu lintas, serta ancaman teror," kata dia.