54 Orang Anggota Panwaslih Kecamatan di Aceh Selatan Ikuti Pengambilan Sumpah

Hartini



Tapaktuan, - Sebanyak 54 orang anggota Panwaslih Kecamatan dalam wilayah Aceh Selatan dilantik pada Rabu, 14/08/2024 oleh Ketua Panwaslih Aceh Selatan di Gedung Pertemuan Kantor Pustaka dan Arsip Aceh Selatan.


Turut hadir pada acara tersebut Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Willi Cahyadi Darwin, S.Sos, Komisioner Kip Aceh Selatan, Devisi Hukum, Mulyadi, ST. Perwakilan dari Kejari Aceh selatan, Perwakilan dari Polres Aceh Selatan, Perwakilan dari DPRK Aceh Selatan, serta para Kepala Dinas mewakili SKPK.


Pada kesempatan tersebut Ketua Panwaslih Aceh Selatan Al Syukri Rahman,ST mengatakan selamat atas amanah yang telah diterima kepada saudara-saudara sebagai Panwaslih Kecamatan di dalam Kabupaten Aceh Selatan semoga dapat menjalankan amanah dan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan menjaga integritas dan netralitas demi terciptanya pilkada yang berkualitas.


Ia mengatakan bahwa Panwaslih Kecamatan menjadi instrumen penting dalam Pilkada serentak tahun 2024, sebab Panwaslih Kecamatan akan menjadi garda terdepan yang secara langsung akan melakukan proses pengawasan dan pencegahan terjadinya pelanggaran pada pilkada tahun 2024 nantinya.


Dalam menjalankan tugasnya Panwaslih Kecamatan harus mengedepankan Netralitas (jangan sampai terpengaruh oleh tekanan dan kepentingan pihak manapun), Koordinasi (menjalin koordinasi yang baik dengan seuruh pemangku kepentingan seperti Muspika, PPK dan Masyarakat), Pendidikan Pemilih (memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya memilih dan dampak dari politik uang) dan Pengawasan (melakukan pengaasan secara cermat dan teliti serta gunakan sumber daya yang tersedia untuk memastikan proses Pilkada sesuai dengan aturan dan regulasi yang ada).


"Bersama rakyat kita awasi Pilkada, bersama Panwaslih tegakkan keadilan Pilkada," tutup Al Syukri Rahman, ST.