BMK Aceh Selatan Gelar Forum Silaturahim Dalam Rangka Sosialisasi Peningkatan Potensi Zakat dan Penjelasan Teknis Program Rumah

Hartini



Aceh Selatan – Baitul Mal Kabupaten (BMK) Aceh Selatan bersama Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Aceh Selatan menjadi tuan rumah serta menggelar Forum Silaturahim Khusus, di Aula Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Aceh Selatan, pada Senin, 19 Agustus 2024.


Acara Forum Silaturahim Khusus turut dihadiri Teuku Zulfardi, SH, MM Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin, mewakili Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Selatan, Masrizal, SE, MM Kepala Bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Indra Sahputra mewakili Dinas Kesehatan dan perwakilan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta dihadiri Teuku Bintang selaku Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) beserta seluruh TKSK se Kabupaten Aceh Selatan.


Ketua Badan Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan Taufik Hidayat Harahap, S.Hi, M.Ag didampingi oleh seluruh anggota Badan BMK Aceh Selatan, Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan dan Para Kasubbag menyampaikan selamat datang dan berhadir dalam forum Silaturahim yang sangat penting ini dari berbagai stakeholder yang telah bersinergi selama ini untuk melayani masyarakat yang tidak mampu.


Gusmawi Mustafa selaku Kepala Sekretariat Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan menyampaikan bahwa gagasan Forum Silaturahim Khusus ini bermula dari penyampaian langsung Teuku Bintang dalam kegiatan Sosialisasi Peningkatan Potensi Zakat dan Penjelasan Teknis Program Rumah di Gedung Pertemuan Kluet Utara, pada Selasa (13/8/2024) lalu.


Bahwa keinginan TKSK untuk berkontribusi langsung dengan berbagai program kegiatan Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan.

“Kami sangat tersentuh dengan berbagai keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan. Kami siap membantu menyukseskan seluruh Program Baitul Mal, kami pun sejak akhir 2023 telah diikutsertakan dan diinformasikan perjalanan program” kata Gusnawi.


Sementara itu, Teuku Zulfardi, SH, MM menyampaikan apresiasi atas Forum Silaturahim Khusus karena segala daya dan upaya dalam pengentasan kemiskinan, tidak bisa secara sendiri, mesti dilakukan secara bersama sama.

Terkait pendataan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH / RUTILAHU) diharapkan mempunyai data yang akurat dan konsep : SATU DATA antara Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Baitul Mal Kabupaten Aceh Selatan.


Kemudian, Amrisaldin, S.Hi selaku Anggota Badan BMK Aceh Selatan menyampaikan gagasan diperlukan pertemuan lanjutan dalam upaya penyamaan persepsi, membedah berbagai program secara lebih lanjut dalam menyahuti berbagai hasil diskusi yang berkembang dalam Forum Silaturahim Khusus ini.


Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Aceh Selatan Ikhsan Setiawan, ST, MM menyambut baik atas kehadiran forum silaturahim dengan berbagai hasil yang diperoleh.


Gusmawi Mustafa yang juga menjadi Fasilitator kegiatan menyampaikan bahwa Forum Silaturahim Khusus ini menghasilkan berbagai capaian diluar perkiraan semula dimana seluruh peserta yang hadir sangat antusias dan bersepakat untuk terus berbuat yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan.