Dalam Rangka HUT RI ke- 79 Kapolres Aceh Selatan Pimpin Upacara Ziarah Makam Pahlawan

Hartini



Tapaktuan – Kapolres Aceh Selatan Polda Aceh AKBP Mughi Prasetyo Habrianto, S.I.K.,menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada kegiatan upacara Ziarah Makam Pahlawan yang dipusatkan di komplek Makam Pahlawan T. Cut Ali Desa Suaq Bakung Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan. Kamis (15/08/2024).


Upacara Ziarah Makam Pahlawan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke - 79 oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Selatan yang dihadiri oleh Pj. Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP., Dandim 0107/Asel Letkol Inf Faiq Fahmi,Kajari,Ketua Pengadilan,Forkopimda terkait, Forkopimcam Kecamatan Kluet Selatan, Para Imeum Mukim dan Keucik sekecamatan Kluet Selatan dan undangan lain dengan peserta upacara dari unsur TNI-Polri, ASN dan Pelajar.


Dalam kesempatan ini Kapolres menyampaikan, pentingnya semangat persatuan dan kesatuan dalam menjaga serta mengisi kemerdekaan yang telah diraih. Kapolres menekankan pentingnya memahami sejarah perjuangan bangsa untuk menginspirasi generasi muda dalam berkontribusi bagi masa depan yang lebih baik.


“Peringatan HUT RI ke- 79 ini bukan hanya seremonial semata, tetapi juga momentum untuk merenungkan sejarah dan menanamkan nilai-nilai kepahlawanan serta cinta tanah air kepada generasi penerus,”ujar Kapolres.


Pada Upacara ini juga disertai dengan peletakan karangan bunga, penaburan bunga dan penghormatan kepada arwah pahlawan.

Pelaksanaan upacara ziarah makam pahlawan merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk mengenang serta penghormatan terhadap jasa arwah para pahlawan Nasional yang gugur dalam perjuangan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Usai melaksanakan upacara ziarah makam pahlawan di komplek makam T. Cut Ali, selanjutnya rombongan Forkopimda melaksanakan upacara ziarah ke Makam Pahlawan Raja Lelo di Desa Sapik Kecamatan Kluet Timur.