Danramil 01/Taliwang Hadir Wakili Dandim 1628/SB, Pada Pembukaan Jambore Tuntas Baca Alquran (TBA) Sumbawa Barat tahun 2024

Barsela24news.com


Sumbawa Barat - Danramil 1628-01/Taliwang Lettu Inf Saefullah wakili Dandim 1628/Sumbawa Barat Menghadiri Kegiatan Pembukaan Jambore Tuntas Baca Alquran dengan tema "Kita Bumikan Alquran di tanah Pariri Lema Bariri" yang dilaksanakan oleh Tim TBA Kesra Setda Sumbawa Barat, bertempat di Hanipati Resto Lingkungan Sebubuk Kelurahan Kuang Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Rabu (14/08/24), Pukul 09.00 Wita.

Tampak Hadir dalam Kegiatan tersebut, Sekda Sumbawa Barat H. Amar Nurmansyah, S.T., M.Si, Dandim 1628/Sumbawa Barat diwakili Danramil 1628-01/Taliwang Lettu Inf Syaifullah, Kapolres Sumbawa Barat diwakili Kasat Binmas AKP Soesanto, Kejari Sumbawa Barat diwakili oleh Kasi pidum Indah Rizkika Budiyanti SH., Ketua Baznas Sumbawa Barat H. M. Ja’far Yusuf S. Sos., Ketua MUI Sumbawa Barat TGH Burhanuddin., Para Dewan Hakim., Sekertaris TBA Setda Sumbawa Barat., Ketua TBA per kecamatan., Ketua TBA per desa.,Peserta Jambore TBA.

Kabag Kesra Sumbawa Barat, sebagai ketua panitia dalam laporan kegiatannya menjelaskan bahwa Program-program di tuntas baca Alquran Kabupaten Sumbawa Barat mengacu pertama kali dengan peraturan Bupati Nomor 22 tahun 2016 itu tentang masyarakat mengaji, maksud dan tujuan pelaksanaan TBA adalah untuk membangun ukhuwah islamiyah di antara kita semua, kemudian sebagai upaya untuk membudayakan masyarakat mengaji di Kabupaten Sumbawa Barat, memberikan motivasi dan dorongan sekaligus sebagai peningkatan kapasitas daripada para trainer para pendamping termasuk para ketua ketua TBA di tingkat kecamatan maupun Desa.

"Yang mengikuti Jambore pada kegiatan tahun 2024 ini terdiri dari ketua TBA tingkat kecamatan 8 orang, kemudian para trainer TBA tingkat Desa sebanyak 195 orang, juga ada fasilitator TBA tingkat dusun terdiri dari 238 fasilitator itu sudah di tingkat dusun, dan masing-masing dari TBA itu mengikutkan dua orang anggotanya sebanyak 130 hingga total seluruhnya 571 orang," ujarnya.

Dalam Penyampaian Sekda Sumbawa Barat, mengungkapkan dampak yang sudah kita rasakan kepada masyarakat dari perubahan yang kita laksanakan adalah seperti pemakaian jilbab, namun jangan hanya menggunakan saja akan tetapi harus sampai di hati, masih banyak diantara kita tidak bisa baca Alquran, itu tantangan kita kedepan, TBA mulai digerakkan menjadi gerakan masyarakat yang bersifat keagamaan tetapi juga mulai diterapkan menjadi gerakan masyarakat yang bersifat ekonomi dan bersifat sosial, kita sudah mencanangkan diri membumikan Alquran dan semoga sudah membumi di kita.

"Semoga di akhir dari jabatan Bapak H. Musyafirin bisa terealisasi dari apa yang kita harapkan terkait Membumikan Alquran di Tanah Pariri Lema Bariri, Jambore Tuntas Baca Alquran dinyatakan resmi dimulai.

Tags