Dua Tahun Memimpin Abdya, Darmansah Dinilai Mampu Mengayomi

Barsela24news.com

Foto : Amir Naloh

BLANGPIDIE - Pujian dan apresiasi mulai bermunculan dari masyarakat Aceh Barat Daya terhadap H Darmansah S.Pd MM selama memimpin Abdya. Pasalnya, dua tahun menjabat Pj Bupati Abdya, H Darmansah dinilai mampu mengayomi masyarakat dan bawahannya di jajaran Pemkab Abdya.

"Buktinya, selama beliau memimpin Abdya tidak ada bawahnya yang merasa terzalimi dengan sikapnya. Dirinya mampu menjadi pengayom bagi masyarakat dan ASN selama dua tahun memimpin Abdya," kata Amir Naloh, salah seorang tokoh masyarakat Abdya, Jumat (30/08/2024).

Hal itu disampaikan Amir Naloh, seiring dengan tindakan Ir Sunawardi M.Si yang saat ini menjabat sebagai Pj Bupati Aceh Barat Daya yang diduga bersikap arogan kepada bawahannya hingga di laporkan ke Polres setempat Jumat (30/08/2024) atas kasus dugaan penganiayaan terhadap salah seorang tenaga kontrak di BPBK setempat pada Kamis (29/08/2024) kemarin.

"Selama menjadi Pj Abdya H Darmansah mampu merangkul semua kalangan, mulai wartawan, LSM, tokoh masyarakat, tokoh Agama, tokoh Pemuda, Mahasiswa dan masyarakat umum. Dia selalu membuka ruang komunikasi seluas luasnya kepada semua kalangan," ungkap Amir Naloh. 

Karenanya, Amir Naloh menilai H Darmansah cocok dijadikan pemimpin daerah dan mencalonkan diri sebagai calon Bupati Aceh Selatan pada Pilkada 2024 ini. Karena pola kepemimpinan yang diterapkan di Abdya sangat merakyat dan mengayomi. "Beliau tidak meninggalkan kesan buruk di. abdya, malah sebagian masyarakat memuji pola kepemimpinannya," ungkap mantan kombatan GAM ini.

Menurut Amir Naloh, selain mengayomi, H Darmansah juga sangat responsif dalam menyikapi problem yang dihadapi masyarakatnya. Sehingga setiap ada persoalan di desa - desa dia langsung turun dan memantau proses penanganannya. "Contohnya penanganan banjir, selain menurunkan alat berat beliau juga turun langsung ke lokasi memantau proses pekerjaan," ulasnya. 

Hal senada juga disampaikan kalangan ASN di lingkungan Pemkab Abdya, mereka mengaku ketika bawahannya salah, H Darmansah tidak pernah memarahi, melainkan menegurnya dengan cara baik - baik. "Jadi sikap dan tindakan beliau tidak pernah merendahkan wibawa kami selaku bawahan, cara - cara yang dilakukan beliau sangat mengayomi kami selaku bawahan," ungkap salah seorang ASN dilingkungan Pemkab Abdya. 

Mereka mengaku rindu dengan sosok H Darmansah dalam memimpin Abdya. Sebab selama memimpin Abdya H Darmansah tidak meninggalkan kesan buruk dan rasa benci dari bawahannya. "Ada cara tersendiri dari beliau dalam membina bawahannya, sehingga bawahan merasa malu ketika sudah mendapat teguran dari beliau tanpa merasa tersinggung," pungkasnya.(red)