Dukung Pilkada Serentak 2024, Pemkab Aceh Selatan Kucurkan Dana Miliaran Rupiah

Hartini



Aceh Selatan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan memberikan dukungan penuh dan menyatakan kesiapan untuk menyukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024. 


Hal ini disampaikan Pj. Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, SSTP, melalui Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Samsul Bahri, SH., pada Kamis 08/08/2024.


"Salah satu wujud dukungan dan kesiapan tersebut adalah disalurkannya dana hibah kepada pihak penyelenggara Pilkada, dalam hal ini KIP, Panwaslu, TNI, dan Polri, dengan realisasi 100 persen, pada hari ini," ucap Samsul.


Menurut Samsul Bahri, suksesnya penyelenggaraan Pilkada adalah tugas dan tanggungjawab bersama. Sebagaimana arahan Pj. Bupati Aceh Selatan, agar segera merealisasikan dana ataupun sisa dana hibah pilkada untuk seluruh penyelenggara Pilkada, untuk selanjutnya dapat dipergunakan dalam menunjang pelaksanaan Pilkada agar berjalan lancar, aman dan sukses.


"Adapun total dana hibah untuk pelaksanaan Pilkada Aceh Selatan yang telah disalurkan adalah sebesar Rp. 49.230.884.800, dengan rincian, KIP Aceh Selatan Rp. 36.413.456.800, Panwaslih Rp. 7.000.000.000, TNI Rp. 1.534.040.000, serta POLRI Rp. 4.283.388.000," jelas Samsul.


Secara terpisah, Ketua KIP Aceh Selatan, Kafrawi, menyampaikan bahwa tahapan demi tahapan pelaksanaan Pilkada terus berjalan, diantaranya adalah sosialisasi. Selanjutnya pada tanggal 24 Agustus dijadwalkan akan disampaikan pengumuman pendaftaran calon, dilanjutkan dengan pembukaan pendaftaran calon mulai tanggal 27 Agustus mendatang. 


"Dengan direalisasikannya dana penyelenggaraan Pilkada sepenuhnya, tentu akan sangat membantu kami dalam pelaksanaan setiap tahapan ke depan," ucap Kafrawi. 


Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan berharap kiranya dana hibah yang telah disalurkan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada pada 27 November mendatang. Dan dengan telah direalisasikannya seluruh dana hibah kepada penyelenggara, maka Aceh Selatan menyatakan siap untuk menyukseskan Pilkada Serentak 2024. 


Sebagaimana amanah dan pesan Pj. Bupati Aceh Selatan kepada kita semua seluruh masyarakat Aceh Selatan, mari jaga kondisi dan situasi tetap aman dan kondusif, dengan demikian dapat terlaksana Pilkada yang berkualitas, aman, dan sejuk di Kabupaten Aceh Selatan.