H. Darmansah Ungguli Bacabub Aceh Selatan Lainnya Melalui Hasil Survei Golkar

Hartini



TAPAKTUAN - Hasil survei internal Partai Golkar melalui Lembaga survei Indikator, H Darmansah S.Pd MM ungguli bakal calon bupati (Bacabup) Aceh Selatan lainnya. Hal itu sesuai dengan hasil laporan survei yang dikeluarkan lembaga survei indikator periode 25 Juli sampai dengan 1 Agustus 2024.


Sesuai laporan survei tersebut, H Darmansah berpeluang menang sebagai calon Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Aceh Selatan tahun 2024, sebelum tahapan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan.


Populasi survei tersebut adalah warga negara Indonesia di Kabupaten Aceh Selatan yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. 


Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei itu jumlah sampel sebanyak 400 orang dengan asumsi metode sample random sampling, ukuran sampel 400 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error) lebih kurang 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


Sampel berasal dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan yang terdistribusi secara proporsional. Responden terpilih diwawancarai dengan metode tatap muka oleh pewawancara.



Amatan Barsela24news.com. dari hasil survei indikator tersebut, ada empat tokoh yang bersaing secara elektabilitasnya, yakni Darmansah mantan Pj Bupati Aceh Barat Daya, Mirwan MS, Hendri Yono anggota DPRA dan Tgk Amran SH mantan Bupati Aceh Selatan periode 2018 - 2023.


Selain empat tokoh diatas tersebut, dalam lembaga survei tersebut ada juga tokoh lainnya, seperti Edi Saputra, Raja Masbar, Cut Syazalisma, Zaitun MHD, Deni Irmansyah serta Kamalul.


Terlihat dari hasil survei Indikator tersebut, nama Darmansah yang paling tertinggi elektabilitasnya dibanding dengan nama lainnya seperti, Mirwan MS, Hendri Yono anggota DPRA dan Tgk Amran SH.


Para responden survei ditanya, seandainya pemilihan langsung bupati Aceh Selatan dilaksanakan sekarang, siapa yang akan bapak/ibu pilih di antara nama-nama berikut ini?. Berdasarkan jawaban para responden yang terdistribusi secara proporsional di 18 kecamatan, persentase Darmansah lebih unggul.


Berikut ini hasilnya dari jawaban para responden dari simulasi 10 nama calon yang dilakukan lembaga survei Indikator, Darmansah 22,8 persen, Mirwan MS 18,7 persen, Hendri Yono 15,7 persen, Tgk Amran 12,5 persen.


Sementara itu, Edi Saputra 4,8 persen, Raja Masbar 1,4 persen, Cut Syazalisma 1,2 persen, Zaitun MHD 1,2 persen, Deni Irmansyah 0,7 persen serta Kamalul 0,0 persen dan tidak tahu 21,0 persen.


Selanjutnya jika disimulasikan untuk 3 nama calon yang dilakukan lembaga Survei Indikator, Darmansah tetap masih memuncak hasil survei dengan perolehan, Darmansah 29.4, Mirwan MS 25.5, Tgk Amran 15.1.