Hadapi Ops Mantap Praja Seulawah Dalam Rangka Pilkada 2024, Polres Aceh Selatan Gelar Rakor Lintas Sektoral

Hartini



Tapaktuan - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 yaitu pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur serta Bupati dan wakil Bupati, Polres Aceh Selatan Polda Aceh menggelar rapat Koordinasi lintas sektoral, dalam rangka kesiapan pelaksanaan Operasi Mantap Praja Seulawah 2024 yang berlangsung di Aula Presisi Polres setempat, Jumat (23/08/2024).


Rapat koordinasi ini dipimpin Kapolres Aceh Selatan AKBP Mughi Prasetyo Habrianto yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Edwin Aldro dengan penekanan pentingnya sinergi antar instansi, dalam mengawal jalannya Pilkada 2024 agar berlangsung dengan aman dan lancar.


Pada kesempatan tersebut Wakapolres menjelaskan bahwa dalam rapat koordinasi ini menunjukkan kesiapan kita untuk mensukseskan Pilkada 2024.


“Dengan digelarnya rapat koordinasi lintas sektoral ini, kami siap untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2024, khususnya di Kabupaten Aceh Selatan,” ungkap Edwin.


Menurut Wakapolres, kegiatan ini merupakan langkah awal dalam memastikan kesiapan masing-masing stakeholder dalam melaksanakan kegiatan pentahapan Pilkada guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama pelaksanaan Pilkada di wilayah Aceh Selatan.


“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut untuk mengetahui sejauh mana kesiapan kita dalam menghadapi atau mengamankan Pilkada serentak yang tingkat kerawanannya berbeda dari Pilpres dan Pileg yang telah kita laksanakan kemaren,” terangnya.


Di Kabupaten Aceh Selatan ada 409 TPS, oleh karena itu sambung Wakapolres, kegiatan ini sangat penting untuk mengkolaborasikan, mensinergikan tentang langkah-langkah antisipasi yang harus kita laksanakan dalam rangkaian kegiatan tahap Pilkada serentak 2024.


Informasi dan masukan yang disampaikan oleh peserta Rapat, seperti Kabag Ops, Pasiops Kodim 0107/Asel,Kasat Intelkam, KIP, Panwaslu,RAPI,Kalak BPBD,dan Kesbangpol adalah merupakan gambaran awal kemungkinan kerawanan dan kendala serta penanganan yang akan terjadi dan dilaksanakan di Kabupaten Aceh Selatan dalam Pilkada serentak ini.


Apa yang didiskusikan hari ini tambah Wakapolres, akan menjadi masukan yang sangat berharga dan kita harus fokus pada tujuan utama yaitu Mensukseskan seluruh rangkaian kegiatan Pilkada serentak 2024. Ini merupakan tahap awal pada pelaksanaan Operasi Mantap Praja 2024, yang meliputi Latpraops, TFG,Gladi persial,simulasi sispam kota, dan Apel gelar Pasukan yang akan datang.


“Keberhasilan kita ini tentunya tak terlepas dari bagaimana kita melaksanakan koordinasi dan komunikasi yang baik secara bersama-sama di lapangan untuk menciptakan kondusifitas guna menyukseskan Pilkada serentak tahun 2024 Kabupaten Aceh Selatan ” tutup Wakapolres.