Kabagops Polres Aceh Jaya Hadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Mahkamah Agung Republik Indonesia

Barsela24news.com


Calang - Bertempat di Mahkamah Syar’iyah Calang, Desa Gampong Blang, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, telah berlangsung Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Mahkamah Agung Republik Indonesia. Acara yang diikuti oleh sekitar 100 peserta ini menjadi momentum penting bagi seluruh jajaran hukum dan peradilan di Kabupaten Aceh Jaya, Senin, 9 Agustus sekitar pukul 08.00 WIB.

Dalam upacara ini, Kapolres Aceh Jaya AKBP Andy Sumarta diwakili oleh Kabagops Polres Aceh Jaya, Kompol Rafi Darmawan. Hadir pula Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. A. Murtala, M.Si, Dandim 0114/Aceh Jaya, Kajari Aceh Jaya, Ketua Pengadilan Negeri Aceh Jaya, Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh Jaya, serta perwakilan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, dan PNS Pengadilan.

Upacara dimulai dengan memasuki lapangan oleh Komandan Upacara, diikuti oleh Inspektur Upacara, yang pada kesempatan ini dijabat oleh Ketua Pengadilan Negeri Calang, Hasnul Fuad, SH. Rangkaian kegiatan berlangsung khidmat, dimulai dari penghormatan, laporan dari Komandan Upacara, hingga pembacaan naskah Pancasila dan Visi Misi Mahkamah Agung oleh para petugas.

Dalam amanat Ketua Mahkamah Agung RI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, disampaikan bahwa peringatan ini bukan hanya sekedar seremonial, namun menjadi momen untuk merefleksikan kinerja selama setahun terakhir. Tahun 2024 ini juga menjadi tahun terakhir Ketua Mahkamah Agung saat ini dalam menyampaikan sambutan peringatan HUT Mahkamah Agung, karena akan memasuki masa purnabakti pada bulan November mendatang.

Dalam amanatnya, Ketua Mahkamah Agung juga menekankan pentingnya integritas dan profesionalitas aparatur peradilan dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks. Selain itu, beberapa aplikasi baru diluncurkan pada momen ini sebagai bagian dari upaya Mahkamah Agung dalam meningkatkan pelayanan, antara lain Aplikasi SIAP MA dengan fitur Smart Majelis, e-Court Upaya Hukum Kasasi dan Peninjauan Kembali, dan beberapa aplikasi lainnya yang bertujuan untuk memperkuat sistem peradilan di Indonesia.

Acara kemudian diakhiri dengan pembacaan doa oleh Jhivo Wilanda, SH, diikuti dengan penyerahan Anugerah e-Bepadu kepada Polres Aceh Jaya, Kejaksaan Negeri Aceh Jaya, dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Calang, sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi mereka dalam mendukung sistem peradilan yang tangguh.

Kabagops Polres Aceh Jaya, Kompol Rafi Darmawan, dalam keterangannya menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan upacara yang berjalan lancar dan tertib. “Semoga dengan peringatan ini, kita semua dapat terus memperkuat komitmen dalam menjaga integritas dan kualitas pelayanan di bidang hukum dan peradilan, demi kemajuan Aceh Jaya khususnya, dan Indonesia pada umumnya,” tutupnya.

Upacara ini berakhir pada pukul 09.00 WIB dengan situasi yang aman dan kondusif.