Kapolres Lombok Utara Pimpin Giat Latpraops Jelang Operasi Mantap Praja 2024

Barsela24news.com


Polres Lombok Utara, Polda NTB - Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K. M.Si. resmi membuka kegiatan Latihan Pra Operasi (Latpraops) dan di rangkaikan dengan Tactical Floor Game (TFG) dalam menghadapi Operasi Mantap Praja Rinjani 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis, 22/8/2024. di Aula Sarja Arya Racana Polres Lombok Utara.


Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K. M.Si., Pabung 1606 Mataram Mayor Inf. Ngakan Marjana S.Pd . PjU Polres Lombok Utara, Ketua KPU Ketua Bawaslu,Kasat Pol PP, Dinas Perhubungan serta personel Polres Lombok Utara

Kapolres dalam sambutannya menyampaikan bahwa Polres Lombok Utara
beserta jajaran akan menyelenggarakan Operasi Mantap Praja Rinjani 2024 dalam rangka pengamanan pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024.

Operasi Mantap Praja Rinjani 2024 dilaksanakan dengan tujuan menciptakan kondusifitas wilayah sehingga segala tahapan Pilkada tahun 2024 di wilayah Kabupaten Lombok Utara dapat berjalan dengan aman dan lancar. 

Kegiatan Latpraops merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan sebelum pelaksanaan operasi dimulai, dengan tujuan menyamakan cara bertindak dilapangan dan untuk mengetahui kesiapan Polres Lombok Utara dengan di dukung instansi terkait dalam pelaksanaan operasi mantap praja rinjani 2024 baik dalam penggunaan personel dan juga sarana dan prasarana.

Pelaksanaan operasi kali ini akan dimulai tanggal 24 agustus 2024, dan tujuan dari operasi ini adalah terciptanya kondisi aman dan kondusif pada setiap tahapan pilkada tahun 2024.

Dalam operasi kaliini akan dibentuk 6 Satgas diantaranya
Satgas Preemtif diawaki oleh sat Intelijen dan   
Sat Binmas, 
Satgas Preventif diawaki oleh Sat Samapta,
Satgas Kamseltibcar diawaki oleh Sat Lantas,
Satgas Gakkum diawaki oleh Reskrim,
Satgas Humas, dan yang terakhir 
Satgas Banops diawaki oleh fungsi pendukung 
(Logistik, TIK, Dokkes, Propam ), Ulasnya.

Sampai saat ini sudah ada 3 paslon yang mengikuti kontestasi Pilkada di Kabupaten Lombok Utara, tidak menutup kemungkinan ada tambahan bakal paslon yang mendaftar lagi mengingat tahap pendaftaran berakhir pada bulan agustus 2024.

Kapolres berharap setelah kegiatan latpra ops ini masing-masing personel mengetahui cara bertindak dilapangan dalam mengamankan tahapan-tahapan pilkada tahun 2024 di Kabupaten. Lombok Utara sehingga situasi kamtibmas wilayah Kabupaten Lombok Utara tetap aman dan kondusif baik dari pendaftaran calon sampai dengan pelantikan Bupati terpilih periode 2025-2029.

Setelah kegiatan Latpraops ini Polres Lombok Utara mengagendakan kegiatan simulasi rusuh massa penolakan hasil penghitungan dengan Tactical Floor Game (TFG) dan apel gelar pasukan yang akan direncanakan dilaksanakan serentak pada hari jumat 23 agustus 2024 besok pagi. Ucapnya.

Guna menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kabuparen Lombok Utara tetap kondusif selama pelaksanaan Pilkada tahun 2024 maka dari itu kami mengajak stakeholder terkait saling besinergi dan bekerja sama dalam mensuksekskan setiap kegiatan dan pengamanan tahapan pilkada 2024.sehingga Pilkada 2024 dapat terlaksana dengan aman dan damai. Pungkasnya.