Kepala Perpustakaan Dan Siswa SMKN 3 Mataram Hadiri Acara Gerakan Sepekan 1 Buku

Barsela24news.com


Mataram, NTB - Gerakan Sepekan 1 Buku merupakan Program Perpustakan Nasional yang bertujuan untuk mempromosikan pentingnya membaca sebagai modal utama dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat,Upaya ini merupakan wujud implementasi amanat UU No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Golden Palace dan dibuka langsung oleh Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si selaku Sekretaris Daerah Provinsi NTB,pada Rabu (07/08/2024)

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh 140 peserta se NTB, tidak ketinggalan juga SMKN 3 Mataram mengutus perwakilannya yakni Ahmad Fathullah selaku Kepala Perpustakaan, Dwi Isnaini Maulidya dan Mima Mahda dari perwakilan siswa.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan kegiatan Talk Show yang mana narasumbernya yakni Bapak Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd selaku Kepala Dinas DIKBUD NTB, Bapak H. Amir, S.Pd., MM selaku PLT Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan NTB serta Ibu Alfa Husna, SS,. MP selaku Pustakawan Madya di Perpusnas.

Poin penting yang disampaikan oleh Kepala Dinas DIKBUD NTB adalah Agar Gerakan Sepekan 1 Buku ini bisa dioptimalkan di Sekolah-sekolah yang ada di Nusa Tenggara Barat,

Mengingat raport pendidikan Indonesia di tahun 2023 kemampuan literasi siswa Indonesia berada dalam kategori sedang, sehingga Jenjang SMA sederajat tercatat sebagai satu-satunya jenjang yang mengalami penurunan dalam indikator kemampuan literasi, karena setiap jenjang pada dasarnya tidak ada yang melampaui 70 persen berdasarkan data Kemendikbudristek, 2023.