Kobar-Gb Abdya Minta Pj. Bupati Ir. Sunawardi, M.Si Peduli Sektor Pendidikan

Barsela24news.com



Abdya- Koalisi Barisan Guru Bersatu (Kobar-GB) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), meminta agar Penjabat Bupati Abdya Ir.Sunawardi, M.Si., memiliki perhatian khusus ke sektor pendidikan, sebagai upaya membentuk generasi Abdya yang berkualitas di masa mendatang.


“Soalan-soalan yang menghambat perkembangan pembangunan dan peningkatan mutu pendidikan agar mendapat perhatian dan penanganan khusus dari Bapak Pj Bupati,” kata ketua Kobar-GB Abdya, Rusli, S.Pd., Minggu (10/08/2024).


Rusli, yang akrab disapa Iliek Panto, punya keyakinan jika bapak Ir. Sunawardi, M.Si bisa membawa perubahan ditingkat dinas pendidikan Aceh Barat daya, terutama masalah PLT kepala sekolah yang sampai saat ini belum difinitifkan.


"Kami Harapkan segera dilantik, menyangkut sebuah amanah di sekolah, kita berharap adanya perhatian terhadap kondisi mobile sekolah yang sangat tidak layak. Banyak meja dan kursi yang sudah rusak, dan kami sangat mengharapkan bantuan,” ujar Rusli.


Lanjutnya, Koalisi Barisan Guru Bersatu (Kobar-GB) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) organisasi profesi Guru mengharapkan pemerintah serius memperhatikan pendidikan.


"Seperti pengangkatan kepala sekolah diminta agar benar-benar mengikuti proses sesuai prosedure yang telah ditetapkan.  Jangan ada pihak-pihak lain yang sebenarnya tak paham tentang pendidikan, justru ikut andil dalam proses pengangkatan kepala sekolah,” kata Rusli.


Rusli menambahkan, anggaran pendidikan yang alokasinya memang sudah diatur dengan undang-undang, diminta benar-benar ditepati dan dilaksanakan untuk pembangunan pendidikan dan peningkatan mutu pendidikan. Sehingga pembangunan dan mutu pendidikan di Abdya bisa meningkat sebagaimana harapan banyak pihak.


"Pembayaran Tunjangan Prestasi Kerja (TPK) atau (TC) guru dan honor guru honorer jangan sampai terlambat karena bisa berdampak terhadap kinerja seorang guru. Itu hak mereka (guru) sehingga wajib dibayar tepat waktu. Kami bergantung harapan besar agar ada perubahan di bawah kepemimpinan Pj Bupati,” ungkap Ketua Korbar-GB Abdya,  kami harapkan mohon di evaluasi ditingkat dinas pendidikan, Supaya ada kemajuan kedepan 


Capaian pembangunan pendidikan di Abdya, menurut Rusli, belum sesuai harapan. Kebijakan menyangkut pendidikan harus pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat yang memang harus peduli untuk itu, dan jangan sampai bercampur aduk dengan kebijakan lain. 


“Demikian, harapan garu, dan kami selaku organisasi profesi guru, senantiasa memantau,” ungkap Rusli.(*)