Kodim 1608/Bima Bersinergi Amankan Pilkada Serentak

Barsela24news.com


Kota Bima - Anggota Kodim 1608/Bima mengikuti Apel Gelar Pasukan dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak tahun 2024 di Provinsi NTB yang berlangsung Dermaga 2 Pelabuhan Bima Kelurahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima, Selasa (13/08/2024)

Apel yang dipimpin langsung oleh Kapolda NTB Irjen Pol Drs Raden Umar Faroq, S.H., M.Hum., diikuti oleh Personil Kodim 1608/Bima, Brimob Batalyon C Polopor Polda NTB, Anggota Polres Bima Kota, Satuan Polisi Pamon Praja Kota Bima, BPBD Kota Bima, Basarnas Kota Bima, Damkar Kota Bima, Dishub Kota Bima

Selesai melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak tahun 2024 di Provinsi NTB. Dandim 1608/Bima Letkol Inf Andi Lulianto S. Kom menegaskan pentingnya menjaga stabilitas keamanan menjelang, sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan Pilkada serentak. "Kita akan segera melaksanakan pemilihan kepala daerah di Kota Bima dan Kabupaten Bima. kami membutuhkan peran aktif masyarakat dan sinergitas dari instansi terkait untuk menjaga ketertiban dan keamanan," ujarnya.

Pilkada serentak menjadi momen penting dalam kehidupan demokrasi lokal, namun juga membawa tantangan tersendiri dalam menjaga stabilitas keamanan. Letkol Inf Andi Lulianto menekankan bahwa tanggung jawab menjaga keamanan tidak hanya terletak pada aparat keamanan, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat.

"Dengan memastikan kondusifitas keamanan, kita tidak hanya mengamankan proses demokrasi, tetapi juga memastikan setiap warga bisa menyalurkan hak pilihnya dengan aman dan nyaman," tambahnya.

Apel gelar pasukan ini juga menjadi momentum untuk meneguhkan komitmen Kodim 1608/Bima dalam mendukung kelancaran Pilkada serentak tahun 2024. Para personel diberikan arahan dan instruksi khusus untuk bertindak secara profesional dan netralitas TNI dalam menjaga keamanan, serta siap untuk mengatasi potensi gesekan yang mungkin bisa terjadi.

Dengan semangat kewilayahan dan semangat gotong royong, masyarakat Kota Bima dan Kabupaten Bima diharapkan dapat bersama-sama menjaga situasi yang kondusif hingga proses Pilkada serentak berakhir. Keberhasilan Pilkada serentak ini tidak hanya akan mengukuhkan demokrasi lokal, tetapi juga menunjukkan kedewasaan politik serta kedekatan antara pemerintah dengan rakyat.

Diharapkan, kerjasama yang solid antara aparat keamanan dan masyarakat akan menjadi pondasi kuat dalam menjaga suksesnya Pilkada serentak tahun 2024 di Kota dan Kabupaten Bima. Sebab biasanya gesekan Pilkada lebih besar bila dibandingkan dengan Pilpres atau Pileg, pungkas Dandim.