Polres Aceh Selatan Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Seulawah 2024

Hartini



Tapaktuan - Dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati serta Wakil Bupati di Wilayah setempat, Polres Aceh Selatan Polda Aceh menggelar Upacara Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Seulawah 2024 di Lapangan Naga Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Senin (26/8/2024).


Hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP,Kasdim 0107/Asel Mayor Rahman,Kapolres Aceh Selatan AKBP Mughi Prasetyo Habrianto,Ketua DPRD dan Forkopimda lainnya.

Disamping itu turut hadir, Dansubdenpom,Danki 1 YonC Sat Brimobda,Danpos TNI AL, Kepala Kesbangpol,Kepala Satpol PP, Kepala Senkom , ketua PWI, Ketua KPU, Ketua Bawaslu,Para Muspika dalam Kabupaten Aceh Selatan dan undangan lainya.


Pj.Bupati Aceh Selatan bertindak sebagai inspektur Apel Gelar Pasukan membacakan Amanat Kapolres Aceh Selatan, diantaranya menyampaikan bahwa Gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana TNI- Polri beserta unsur pendukung terkait pada Ops Mantap Praja 2024 sebelum diterjunkan ke lapangan dalam pengamanan Rangkaian tahapan Pilkada 2024.


"Pilkada serentak sebuah proses Demokrasi yang sangat Penting untuk memilih pimpinan Daerah.Setiap momentum Politik seperti ini, potensi Guantibmas akan meningkat.Menyikapi hal tersebut Polres Aceh Selatan beserta seluruh Steakholder terkait akan melaksanakan Ops Mantap Praja Seulawah 2024 dalam rangka pengamanan penyelenggaraan Tahapan Pilkada 2024 di Kabupaten Aceh Selatan mulai 27 Agustus hingga 21 Desember 2024." Ungkap Cut Syazalisma.


Dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi, Ops Mantap Praja Seulawah ini akan melibatkan 258 Pers Polri, 126 Pers TNI, 25 Pers Brimob dan 818 Pers Linmas.


Lebih lanjut Pj.Bupati menyampaikan

"Netralitas dan profesionalisme juga menjadi aspek yang sangat penting dalam setiap tindakan pengamanan demi menjamin kepercayaan Masyarakat.


Sebelum mengakhiri amanatnya, Pj Bupati didepan peserta apel menekankan


1.Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh Swt, serta jaga kesehatan dan kwaspadaan selama bertugas.


2.Laksanakan koordinasi yang baik antara satuan tugas serta saling bersinergi antara institusi guna kelancaran jalanya Operasi.


3.Jaga Komunikasi yang baik dengan masyarakat,rangkul mereka untuk menciptakan suasana yang aman,sejuk dan kondusif.


4.Laksanakan penegakan hukum secara tegas,Humanis dan sesuai prosedur.


Operasi Kepolisian dengan sandi Mantap Praja Seulawah 2024 mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen penegakkan hukum dalam rangka mengamankan tahapan Pemilukada tahun 2024.


Sementara itu, Kapolres Aceh Selatan berharap agar seluruh lintas sektoral yang ada di kabupaten Aceh Selatan selalu bersinergi guna mewujudkan situasi yang aman, damai dan kondusif selama tahapan Pilkada 2024.


"Mari kita bersama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di kabupaten terutama pada saat tahapan Pilkada 2024. Karena Polri tidak bisa bergerak sendiri, tentunya butuh support dan dukungan dari semua elemen masyarakat yang ada," ucap Mughi.


Usai kegiatan apel tersebut Rombongan Forkopimda dan undangan lain melakukan pemeriksaan sarana dan prasarana yang akan dipergunakan sebagai pendukung kegiatan Pengamanan pada rangkaian kegiatan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Aceh Selatan.