Sambang Kilang Padi, Babinsa Validasi Kekuatan Pangan

Zamroni



Abdya- Jajaran Babinsa Kodim 0110/Abdya yang tersebar di 152 desa dalam 9 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengunjungi sejumlah penggilingan padi di masing-masing wilayah binaan, Sabtu (10/8/2024). 


Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Beni Maradona, S.Sos. melalui Plh. Pasiter Kapten Inf Fajar Setyawan mengatakan, tinjauan ini dilakukan oleh para Babinsa menyusul rampungnya kegiatan panen padi di sebagian sawah wilayah Abdya. 


Pasiter menegaskan kegiatan Babinsa sambang kilang padi ini juga merupakan bagian dari implementasi upaya memaksimalkan serapan gabah di wilayah. 


"Dengan metode ini akan diketahui sejauh mana validasi data hasil panen padi petani dan analisis stok gabah. Hasil ini menjadi acuan terhadap persentase kekuatan pangan di wilayah," bebernya.


Pasiter mengatakan keterlibatan pihaknya dalam program nasional ketahanan pangan masih terus berlanjut. Jajaran Babinsa bersama dengan sinergi dinas terkait terus konsen melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan produksi pertanian yang berdampak pada kesejahteraan ekonomi petani.