Turut berdukacita, Sattahti Polres Aceh Selatan Gelar Tahlillan dan Doa Bersama

Hartini



Tapaktuan - Peduli sesama dan sebagai bentuk ungkapan turut berdukacita atas meninggalnya Orangtua daripada salah satu Tahanan, Sattahti (Satuan Tahanan dan Barangbukti) Polres Aceh Selatan Polda Aceh, menggelar pembacaan Tahlil dan doa bersama (Samadiyah) di Rumah Tahanan (Rutan) Polres setempat pada Jumat sore (9/8/2024).


Kegiatan Samadiyah ini dipimpin oleh Ustad Tengku Munadi dan dihadiri oleh Kapolres Aceh Selatan AKBP Mughi Prasetyo Habrianto, Kasi Humas, Kasiwas,Kasat Tahti beserta anggota dan 18 orang Tahanan.


Kegiatan keagamaan ini diinisiasi oleh Kasat Tahti Aiptu Haidar Wijaya sebagai wujud semangat untuk tetap memelihara persaudaraan, keimanan dan kebersamaan meskipun berada dalam Rumah tahanan.


"Tahlilan dan doa bersama begitu hikmat dan khusyuk, meskipun dalam Rumah tahanan. Kegiatan ini menjadi sarana untuk memupuk rasa persaudaraan, meningkatkan ketakwaan dan kebersamaan baik dengan Polri maupun sesama Tahanan," Ucap Hadar.


Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk ibadah, tetapi juga sebagai wadah untuk saling mendukung dan memotivasi satu sama lain selama dalam rumah Tahanan menunggu proses hukum.


Kapolres Aceh Selatan menyambut baik inisiatif positif kegiatan ini untuk menjalankan kegiatan kemanusiaan dan keagamaan 


"Ini menunjukkan bahwa meskipun berada dalam Rumah tahanan masih ada semangat kebersamaan dan keimanan yang tetap terjaga. Semoga kegiatan ini dapat memberikan kekuatan batin dan ketenangan di dalam setiap hati para Tahanan," Ungkap Mughi.


Pada kesempatan tersebut Kapolres juga menyampaikan pesan kepada para Tahanan agar selama dalam rumah tahanan tetap mengikuti peraturan yang ada.


"Selama menjalani masa penahanan, agar isi dengan kegiatan positif, jaga kesehatan dan ambil hikmahnya.Instropeksi diri sehingga selepas menjalani hukuman nanti bisa diterima kembali ditengah masyarakat dan tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum."Pesan Kapolres terhadap para Tahanan.


Sementara dari salah seorang perwakilan para Tahanan mengucapkan banyak terima kasih kepada Kapolres beserta anggota atas kepeduliannya,sehingga bisa terlaksana kegiatan Samadiyah. Semoga Allah Swt mengabulkan semua doa yang kita panjatkan.