4 Paslon Bupati Aceh Selatan Tandatangani Deklarasi Kampanye Damai

Hartini



Aceh Selatan - Empat pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan yakini, Darmansah, S.Pd.MM - Sudirman, H Mirwan, MS. SE. M. Sos - H Baital Mukdis SE, Tgk Amran, SH - Akmal AH, S.Pd serta pasangan Hendri Yono, S.Sos,M.Si – Mirwan SH mengikuti deklarasi kampanye damai.


Kegiatan tersebut belangsung di Alun-Alun, Tapaktuan Gampong Hilir, Kabupaten Aceh Selatan Selasa 24/09/2025, selain dihadiri ke Empat Pasangan Kandidat juga dihadiri pendukung dan simpatisan dari masing-masing paslon Bupati Aceh Selatan.


Pantauan Barsela24news.com kegiatan itu juga dihadiri Komisioner KIP Aceh Selatan, Panwaslih Aceh Selatan, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP, Kapolres Aceh Selatan, Dandim 0107/Aceh Selatan, ketua DPRK Aceh Selatan, Kajari Aceh Selatan, unsur Forkopimda Aceh Selatan serta tamu undangan lainnya.


Dalam kesempat itu, empat paslon melalukan penandatanganan deklarasi kampanye damai dengan disaksikan para undangan serta diikuti Pj Bupati Aceh Selatan dan unsur Forkopimda dan komisioner KIP dan Panwaslih Aceh Selatan.


Kafrawi, SE Ketua KIP Aceh Selatan, pada kesempatan itu menyampaikan, melalui deklarasi kampanye damai tersebut kita jadikan perbedaaan sebagai kekuatan bukan sebagai penghalang.


"Kepada para pendukung para masing-masing pasangan calon, saya mengajak kita semua untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Selama proses kampanye ini mari kita tunjukan kepada masyarakat bahwa kita dapat berkopetinsi secara sehat dan sportif," ucap Kafrawi.


Lebih lanjut kata Kafrawi, Pilkada adalah proses yang menyatukan kita semua dalam kesatuan. Mari kita laksanakan Pilkada ini dengan penuh tanggung jawab, bahwa apa yang kita lakukan akan berdampak pada masa depan daerah kita.


"Mari kita libatkan semua lapisan masyarakat dalam proses pilkada ini, agar merekas merasa memiliki dan berkontribusi dalam menentukan arah pembangunan Aceh Selatan kedepannya," demikian ujar Kafrawi


Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP, M.Si mengajak semua elemen untuk mensukseskan Pilkada dalam memilih pemimpin masa akan datang.



“Aceh Selatan adalah negeri batuah yang penuh sopan santun, berpolitiklah dengan santun, saling menjaga satu sama lain. Walaupun berbeda pandangan tetap menjaga kedamaian. Semua pasangan calon adalah putra-putra terbaik daerah. Berkampanyelah dengan menjaga etika demokrasi,” ujar Cut Syazalisma.



Pelaksanaan deklarasi kampanye damai Pilkada 2024 yang diselenggarakan pada sore hari ini adalah bentuk nyata dari kesatuan semangat bersama untuk mewujudkan pesta demokrasi berkualitas, damai, sejuk, jujur, adil dan demokrasi


Perlu dipahami, semua calon dan pendukung berpotensi menggiring masyarakat dalam kelompok-kelompok barisan masing-masing untuk mencapai tujuan. Namun harus disikapi secara arif dan bijaksana agar tidak menuai perpecahan serta permusuhan di tengah-tengah masyarakat.



“Mari kita hindari kampanye tidak sehat yang dapat merugikan pasangan lain serta menimbulkan kegaduhan dan kekerasan sosial. Doa-doa ulama dan masyarakat senantiasa memayungi kita untuk menciptakan kondisi kondusif dalam mensukseskan Pilkada damai,” ucapnya.


Cut Syazalisma menambahkan, pemerintah Aceh Selatan bersama TNI-Polri mendukung penuh dan mengawal pelaksanaan Pilkada hingga tiba pada tahapan deklarasi kampanye damai yang dilaksanakan pihak penyelenggara.yaitu  Komisi Independen (KIP).