59 Pospam dan Command Center Polda NTB Siap Optimalkan Keamanan MotoGP

Barsela24news.com


Mataram, NTB - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) mengambil langkah serius dalam mengoptimalkan keamanan dan kelancaran ajang MotoGP Mandalika 2024 yang akan resmi mulai digelar besok tanggal 27 sampai dengan 29 September.

Keseriusan pihak Kepolisian itu dibuktikan dengan telah didirikannya sebanyak 59 posko pengamanan di sejumlah titik strategis, mulai dari dermaga, bandara hingga di sepanjang jalur menuju Sirkuit Mandalika. Lokasi-lokasi tersebut mencakup jalur utama dari arah Kota Mataram, Lombok Barat, dan Lombok Timur, serta beberapa titik rawan kemacetan.

“Langkah ini bagian penting dari pelaksanaan Operasi Mandalika Gatari 2024. Tujuannya untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas, mengantisipasi potensi gangguan keamanan, dan memberikan rasa aman bagi penonton, wisatawan maupun masyarakat,” jelas Karo Ops Polda NTB Kombes Pol. Abu Bakar Tertusi S.H., S.I.K., dalam keterangannya, Kamis (26/09).

Kombes Pol. Abu Bakar Tertusi menjelaskan bahwa posko-posko yang didirikan tersebut tidak hanya berfungsi untuk mengawasi kondisi lalu lintas tetapi juga untuk memberikan bantuan keamanan kepada pengunjung maupun warga lokal.

Pengawasan Melalui Command Center
Dalam memperkuat pengawasan, lanjut dia, Polda NTB juga telah mendirikan Command Center di dalam area Sirkuit Mandalika. Pusat komando ini dilengkapi dengan teknologi pemantauan modern, termasuk CCTV dan sistem komunikasi yang memungkinkan koordinasi langsung antara petugas di lapangan dan pusat kendali Operasi Mandalika Gatari 2024.

“Dengan sistem ini, setiap potensi ancaman atau gangguan diharapkan dapat segera diidentifikasi dan diatasi. Sehingga gelaran event MotoGP Mandalika 2024 dapat berjalan sukses, aman, tertib dan lancar,” tegas Karo Ops Polda NTB.

Kombes Pol. Abu Bakar menegaskan bahwa langkah pengamanan yang komprehensif ini menunjukkan keseriusan Polda NTB dalam upaya untuk menyukseskan agenda internasional MotoGP Mandalika 2024.

“Harapannya dengan pengamanan ekstra ini, para pengunjung dapat menikmati rangkaian acara tanpa kendala, baik dari segi keamanan maupun kelancaran akses menuju sirkuit Mandalika,” tutupnya.

Sebagai informasi, Operasi Kepolisian dengan sandi Mandalika Gatari 2024 ini, melibatkan 2.736 personel yang terdiri dari jajaran Polri, TNI, serta dukungan dari stakeholder terkait. Setiap posko pengamanan dijaga oleh tim yang terlatih dan siap merespons segala kondisi, baik dari segi keamanan, lalu lintas, maupun layanan darurat medis.

(Man)