Akibat Minimnya Stok Darah di RSU YA Tapaktuan, Irwandi: Ajak Masyarakat Donor Darah

Hartini



ACEH SELATAN - Mengingat belakangan ini kebutuhan darah di Aceh Selatan terus meningkat, namun ketersediaan darah di Rumah Sakit Umum (RSU) Yulidin Away (YA) Tapaktuan, hampir tidak terpenuhi. 


"Ini akibat kurangnya para pendonor di Aceh Selatan," ungkap Ketua Solidaritas Donor Darah (Sodara), sekaligus relawan donor darah, Irwandi Kamaruzzaman, kepada media Barsela24news.com. Rabu 4 September 2024.


Menurutnya, dengan meningkatkan angka para pendonor aktif, dan mensosialisasikan donor darah kepada masyarakat, tentunya ini sangat memungkinkan ketersediaan stok darah di Aceh Selatan terpenuhi. 


"Tidak perlu takut untuk mendonorkan darah, kata Irwandi, selain bagus untuk kesehatan, kita juga bisa membantu masyarakat ramai yang membutuhkan," tukasnya. 


Pihaknya terus berupaya menggali pendonor aktif untuk rutin mendonor, selain itu, juga mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pentingnya donor darah. 


Dengan di gerakkan kelompok atau masyarakat menjadi pendonor darah, kebutuhan serta persediaan darah pasti akan tercukupi. 


"Apalagi di RSU YA Tapaktuan tiap hari ada pasien yang membutuhkan darah," ungkap Irwandi. 


Kata dia, menurut Kementerian Kesehatan, manfaat donor darah secara fisik antara lain, Mengurangi risiko penyakit jantung, Mengurangi kekentalan darah, Menurunkan kadar kolesterol, Menurunkan kadar oksidan dan lain sebagainya. 


Dia berharap, pendonor rutin agar dapat menyebarkan informasi tentang manfaat donor darah serta meluruskan anggapan masyarakat tentang ketakutan akan donor darah. 


"Apa yang kita takutkan, tanya Irwandi, sebab donor darah tidak sakit dan tidak lama, rata-rata waktu donor sekitar 5 - 10 menit saja," tuturnya. 


Dengan adanya banyak pendonor kedepannya sangat membantu keluarga pasien dalam mencari kebutuhan darah dan membentuk kelompok pendonor baru di wilayah masing-masing kecamatan. 


Kami mengimbau kepada saudara-saudara agar tidak takut mendonorkan darah, demi kemanusiaan dan meringankan beban saudara kita di Rumah Sakit. 

"Kepedulian dan sumbangsih kemanusian pahalanya terus mengalir dan tidak habis-habis hingga Yaumul Qiyamah,” tutup Ketua Sodara, sekaligus relawan donor darah itu.