Bupati Sumbawa Barat Tutup Kegiatan Bhakti sosial Operasi Bibir Sumbing PDGI Sumbawa dan KSB

Barsela24news.com


Sumbawa Barat, NTB+ Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, membuka kegiatan Seminar And Hands On Kedokteran Gigi Sunset 2024 Sumbawa Scientific Meting 2024 yang dirangkaikan dengan Penutupan Baksos Operasi Bibir Sumbing, Sabtu 07/09 bertempat Grand Royal Hotel Taliwang.

Dalam laporan pelaksanaan kegiatan, Ketua PDGI Sumbawa dan Sumbawa Barat Neni Aprianita menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Sumbawa Barat yang telah membantu terlaksananya dengan baik kegiatan Baksos yang berlangsung di KSB. 

Disampaikannya bahwa, PDGI Sumbawa dan Sumbawa Barat telah melakukan bakti sosial operasi bibir sumbing yang berlokasi di Kabupaten Sumbawa Barat yang dirangkaikan dengan seminar yang diikuti secara online maupun ofline oleh Sejawat Dokter Gigi yang ada di KSB maupun luar KSB. 

Sementara itu, Dirut RSUD Assyifa Dr. Carlop dalam laporannya menerangkan bahwa secara Nasional Prevalensi kejadian bibir sumbing sebesar 0,2 persen per tahun dengan angka kejadian 7500 kasus per tahun. Itu artinya Sekitar 300 kasus yang terjadi di Kabupaten Sumbawa Barat yang perlu ditangani bersama setiap tahunnya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menyampaikan bahwa bhakti sosial operasi bibir sumbing ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa Barat. “ Operasi telah dilaksanakan dari tanggal 3 hingga 6 September. Berhasil dilaksanakan operasi terhadap 14 orang pasien dengan 16 tindakan. Terdapat 2 pasien yang memiliki dua kelainan. Usia pasien dari umur bayi hingga yang sudah dewasa 46 tahun. Mudah - mudahan dengan dilakukannya operasi ini akan menambah derajat kesehatan mereka”
”Peserta tidak hanya dari KSB, ada satu pasien yang datang dari Sumbawa.

Operasi ini di dukung oleh tim kesehatan Fakultas Kesehatan Gigi Universitas Airlangga. Kita berharap operasi ini terus berkelanjutan. Dan hal yang menarik bahwa dalam pelaksanaan operasi, terjadi transfer ilmu dari tim medis Universitas Airlangga dengan tim medis dari KSB, Ungkap Dokter Carlof.

Bupati Sumbawa Barat, Dr.Ir.H.W.Musyafirin.,MM dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada PDGI Sumbawa dan Sumbawa Barat dan tim dari Fakultas Kesehatan Gigi Universitas Airlangga yang telah melaksanakan kegiatan Bhakti sosial di Kabupaten Sumbawa Barat.

 Dirinya menyampaikan apresiasi atas keberadaan Dokter ahli bedah mulut, dan kedepan dirinya berharap agar Dokter Ahli Bedah mulut ada di KSB. ” Nanti kami akan berkoordinasi, supaya kita menyediakan biaya khusus spesialis bedah mulut untuk KSB. Dengan begitu kita bisa menangani warga kita yang mengalami bibir sumbing dan mereka bisa senyum berkelanjutan dengan penampilan estetik, dan insyAllah ini akan mendatangkan kebaikan kebaikan, baik di sumbawa maupun KSB”, Ungkap Bupati

Diakhir sambutan, Bupati menutup kegiatan Bhakti sosial Operasi Bibir Sumbing yang dilaksanakan oleh PDGI Sumbawa dan Sumbawa Barat.