Euforia di Tengah Aceh Sedang Berduka

Barsela24news.com


Aceh Utara - Di tengah suasana duka yang mendalam atas meninggalnya ulama kharismatik Aceh, Tgk. H. Muhammad Yusuf A Wahab (Tu Sop), masyarakat Aceh dikejutkan dengan keberlangsungan kegiatan pasar malam di Gampong Pante Breuh, pada Sabtu malam, (7/9/2024). di Kecamatan Baktiya, Aceh Utara,
diiringi dengan musik keras dan dipadati ribuan pengunjung menambah kesan euforia ditengah Aceh sedang berduka, tepat dengan malam pertama setelah kepergian Tu Sop.

Tu Sop, ulama yang sangat dihormati dan dicintai masyarakat Aceh, meninggal pada hari pagi Sabtu, 7/9/202, di Jakarta. Kehilangan beliau menjadi pukulan berat bagi banyak pihak, terutama di tengah masyarakat yang menjunjung tinggi Syariat Islam, bahkan setingkat korem 011/Lilawangsa Lhokseumawe sendiri begitu tegas, dimana kegiatan Band yang dihadiri oleh artis papan saja diminta diberhentikan, bahkan meminta untuk diubah menjadi kegiatan tahlilan, sementara ditingkat bawah malah diabaikan.

Oleh karena itu, banyak yang menyayangkan keputusan panitia pasar malam yang tetap melanjutkan acara dengan alunan musik yang dianggap tidak pantas di tengah suasana berduka.


Pantauan media di lokasi menunjukkan ribuan masyarakat memadati area pasar malam, tampak tidak menghiraukan suasana duka yang tengah menyelimuti Aceh. Salah seorang pengunjung berinisial A menyampaikan kekecewaannya terhadap panitia acara tersebut.

"Pasar malam ini sungguh tidak menyenangkan, mengingat ulama kita baru saja meninggal dunia. Kita seharusnya menghormati kepergian beliau, bukan bersenang-senang seperti ini," ujar A.

A menambahkan, bahwa seharusnya pihak panitia menutup sementara pasar malam sebagai bentuk penghormatan. "Setidaknya, untuk malam ini pasar malam ditutup. Kita hargai duka yang dirasakan masyarakat dengan berpulangnya ulama kharismatik Aceh, Tu Sop," katanya.

Pengunjung lain berinisial MI juga memberikan pendapat serupa. "Menurut saya pribadi, dengan kondisi Aceh yang sedang berduka atas meninggalnya salah satu tokoh besar, pasar malam seharusnya ditunda atau ditutup sementara. Ini bukan ulama sembarangan, beliau adalah sosok akademisi dan ulama yang sangat kita kagumi dan patuhi," ujar MI.

MI juga menekankan bahwa, seandainya bisa, semua kegiatan di Aceh seharusnya dihentikan sementara sebagai tanda penghormatan. Ia juga menyampaikan apresiasinya terhadap Danrem Lilawangsa, Kolonel Inf Ali Imran, yang menggantikan rencana konser dengan acara tahlilan bersama.

"Kita seharusnya bangga dengan negeri yang menerapkan Syariat Islam. Tidak perlu diimbau lagi, sudah semestinya ada kesadaran dalam diri kita untuk menghentikan kegiatan seperti ini saat terjadi musibah. Setidaknya dua atau tiga hari, setelah itu baru bisa dilanjutkan kembali," ungkapnya. (Alman).