Isi Ekskul Pramuka, TNI Polri di Lembah Sabil Bentuk Karakter Pelajar

Barsela24news.com


Abdya - Personel Babinsa Koramil 09/Lembah Sabil Kodim 0110/Abdya Serda Murni Surya bersama Bhabinkamtibmas Brigadir Ari memberikan materi dasar Kepramukaan kepada pelajar SD di Desa Tokoh II Kecamatan Lembah Sabil, Sabtu (27/9/2024).

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Beni Maradona, S.Sos melalui Plh. Pasiter Kapten Inf Fajar Setyawan dalam konfirmasinya mengatakan kegiatan yang dilakukan anggotanya tersebut merupakan bagian dari upaya pembinaan pertahanan wilayah.

Pembinaan yang dimaksud yaitu meliputi pembinaan karakter dan mental ideologi di kalangan penerus dengan menanamkan rasa cinta tanah air dan bela negara secara dini.

"Ini kegiatan rutin Babinsa, tujuannya adalah membentuk karakter pelajar agar memiliki kedisiplinan, dan cinta tanah air," katanya.

Pembinaan karakter tersebut dibawa oleh Babinsa melalui ekstrakurikuler Pramuka. Dalam materinya pelajar dilatih tentang etika dan adab, percaya diri serta kepemimpinan dalam hubungan perorangan serta kelompok.

“Harapannya pada jangka pendek si pelajar terhindar dari kenakalan. Memiliki adab dan etika dengan sesama rekan serta orangtua/guru. Sedangkan untuk jangka panjang, adanya perubahan regenerasi yang baik demi Abdya ke depan yang lebih maju dan bermartabat," ujarnya.

Sementara itu, dewan sekolah mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Babinsa-Bhabinktibmas karena telah kontinyu membantu pendidikan karakter dan akhlak para pelajar.

Dewan sekolah mengaku kegiatan tersebut sangat membantu tugas guru dalam membentuk mental dan disiplin para siswa di luar dari buku dan kurikulum sekolah.

Laporan: Zamroni
Editor: Abi